Sebagai pemilik mobil, tentunya sudah menjadi kewajiban untuk merawat kendaraan anda. Jangan sampai anda hanya menggunakannya saja tanpa memberikan perawatan mesin mobil terbaik untuk menjaga agar peforma mobil tetap maksimal saat digunakan.

Penyebab Mobil Nyendat Saat Di Gas

Jika mobil tidak dirawat dengan baik, maka dapat menimbulkan kerusakan-kerusakan pada komponen di dalam mobil. Misalnya saja mobil tersendat saat di gas dan bahkan tidak dapat dinyalakan. Jika anda mengalami kondisi seperti ini,  maka anda bisa melakukan cara-cara di bawah ini untuk mengatasinya.

  1. Periksa Selang Tangki Mobil

Biasanya anda akan banyak menemukan kotoran dan kerak yang berasal dari bahan bakar kendaraan. Kotoran dan kerak ini dapat masuk dan tersedot ke dalam pompa bensin. Sehingga menyebabkan tarikan mobil tersendat saat di gas.

  1. Periksa Komponen Saringan Bensin

Penyebab mobil brebet di rpm rendah dapat dikarenakan kotornya saringan bensin. Bahkan pada beberapa kasus terdapat sisa-sisa air yang menumpuk di bagian ini sehingga membuat mobil tidak stabil ketika di gas. Jika memang kondisi saringan bensin kotor, maka segera bersihkan.

3. Periksa Komponen Busi

Masalah yang terjadi pada komponen busi juga dapat menyebabkan mobil tersendat saat di gas. Komponen busi memiliki peran yang cukup penting di dalam mesin mobil, terutama pada proses pengapian. Setidaknya ada 3-4 buah busi yang ada di dalam mobil.

Sehingga lakukan pengecekan pada masing-masing komponen busi di dalam mobil anda. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mencopot busi dan kemudian mengetes ketika mesin dinyalakan. Busi yang mati biasanya tidak akan memunculkan percikan api saat ditempelkan di metal mesin. Jika kondisi inipenyebabnya, maka akan lebih baik mengganti busi mobil anda.

4. Cek Bagian Kabel Busi

Tak hanya pada bagian busi saja, anda juga perlu mengecek pada bagian kabel busi. Kabel busi yang sudah tidak layak digunakan biasanya akan terdapat retak atau pecah pada bagian katupnya. Jika memang kondisi kabel busi sudah retak atau pecah, maka akan lebih baik untuk segera menggantinya. Jika tidak maka api yang berasal dari platina menjadi kurang maksimal dan bocor. Sehingga hal ini menjadi penyebab tarikan mobil tersendat.

5. Cek Bagian Koil Mesin

Biasanya koil mesin yang tidak bekerja secara maksimal bisa menyebabkan mobil brebet saat di gas. Koil mesin mobil terbagi menjadi 2 jenis , yaitu koil injeksi dan koil karburator. Meskipun memiliki cara kerja yang sama, namun pada koil mobil injeksi setidaknya terdapat 3-4 buah koil di dalamnya. Sehingga jika salah satu mati, maka bisa menyebabkan tarikan mobil tersendat dan membuat mobil kurang bertenaga.

6. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Untuk mencegah agar komponen-komponen di dalam mobil tetap bekerja secara maksimal dan tahan lama, maka akan lebih baik jika menggunakan bahan bakar yang memang berkualitas. Hal ini dapat membantu merawat kondisi mesin mobil anda. Gunakan bahan bakar seperti pertamax atau pertamax plus.

Nah itu tadi cara mengatasi tarikan mobil tersendat saat di gas yang bisa anda lakukan sendiri. Jangan lupa pula untuk merawat mobil anda secara rutin sehingga peforma mobil tetap terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here