Ternyata masalah ini juga sering sekali di keluhkan pengendara, masalah penyebab mobil nyetrum juga amat membahayakan pengendara dan dapat menimbulkan kecelakaan juga. Berikut adalah penyebab mobil nyetrum :

 

PENYEBABNYA ADALAH :

 

Kabel dan saklar koslet :

 

Penyebab terbanyak memang adanya kebocoran trafo power supply, tapi penyebab lain dari body ampli nyetrum bisa juga sebab lain, misalnya kabel AC 220 yang terkelupas dan nempel body. Kerusakan saklar on/off yang rusak karena meleleh terkena panas bisa menyebabkan komponen didalamnya nyentuh body amplifier sehingga input dan seluruh bagian bisa nyetrum.

 

Kebocoran trafo :

Kebocoran antara lilitan primer dan skunder pada trafo adalah penyebab yang paling sering menyebabkan body amplifier nyetrum. Kenapa bisa terjadi kebocoran? Hal ini karena penyekat atau isolator yang memisahkan antara gulungan primer dan skunder trafo (biasanya dari kertas dan isolatape) mengkerut karena sering terkena paparan panas selam ampli dihidupkan.

 

Mengkerutnya isolator akan menyebabkan lilitan primer trafo dan skunder bersinggungan secara langsung sehingga tegangan primer yang 220V menjadi bocor ke gulungan skunder trafo yang terhubung dengan rangkaian amplifier – akibatnya body dan semua input output yang terbuka akan nyetrum jika tersentuh.

 

Selain karena isolator gulungan yang mengkerut, penyebab lainnya adalah ada hubungan antara gulungan primer dan body trafo yang dibaut dengan body, sehingga semua bagian dari amplifier nyetrum yang terbawa oleh output trafo hingga ke michrophone dan body.

 

Coba test menggunakan obeng test pen, jika test-pen nyala baik terang ataupun redup maka bisa dipastikan boy amplifier akan nyetrum. Test pen tidak boleh nyala sedikitpun saat disentuhkan ke body trafo atau body amplifier atau output trafo.

 

 

SOLUSINYA INI DIA :

Periksa Kabel dan Saklar :

Periksa dulu kabel AC 220 atau saklar AC yang rusak, dan pastikan dalam keadaan baik. Jika memang sudah bisa dipastikan dan tak ditemukan koslet , maka bisa melanjutkan memeriksa trafo. Karena kemungkinan kedua ini yang paling sering daripada kabel atau saklar yang rusak.

 

 

Atasi Kebocoran Trafo :

Trafo yang bocor menyebabkan body amplifier nyetrum, untuk mengatasinya hal pertama kamu perlu lakukan adalah memeriksa kondisi trafo, bagian mana yang bocor. Kebocoran trafo yang bisa menyebabkan nyetrum pada body amplifier, bisa terjadi karena konek antara lilitan primer dan skunder – bisa juga konek antara lilitan primer dan body trafo.

 

Memberikan isolalator atau penyekat non logam antara body trafo dan body amplifier:

Kamu bisa memberikan sekat pada body trafo dan ampli apabila mengetahui kebocoran trafo disebabkan oleh hanya terhubungnya gulungan primer dan body trafo. Hal ini sebenarnya masih bisa diatasi dengan cara memberikan ground jika kebocoran masih level ringan.

Tapi kalau kebocoran sudah berat atau 80% keatas grounding justru dapat membahayakan. Maka kamu harus mengganti trafo supaya aman dan tak berisiko.

 

Kalau memang masih ringan atau belum nyetrum-nyetrum amat, berikan saja sekat dari isolator misalnyab triplek atau karton antara body trafo dan body amplifier – pastikan mur/baut pengikatnya juga diberi isolator. Kemudian cek dengan avometer(seperti cara diatas) probe merah ke body trafo, dan probe hitam ke body amplifier. Jika isolator sudah bekerja dengan baik maka jarum avometer tidak akan menyimpang. Hidupkan amplifier, lalu test menggunakan testpen pada bodynya – kalau memang disebabkan koslet antara body trafo dan lilitan primer trafo % isolator kamu sudah betul maka body ampli sudah tak nyetrum lagi alias test-pen tak menyala.

 

Beberapa langkah memang bisa dilakukan untuk mengatasi  ataupun mencegah masalah penyebab mobil nyetrum. Kurang lebih penyebab mobil nyetrum dikarnakan beberapa poin di atas tersebut. Jangan tunggu sampai rusak lebih parah dan segera atasi. Jika ada pertanyaan, bisa tulis lewat kolom komentar kami. TERIMA KASIH

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here