Jika anda mempunyai mobil tapi boros bbm,coba lihatlah apakah ciri-ciri dibawah ini persis sama dengan ciri-ciri pada mobil anda,simak artikel ini:

Penyebab mobil boros.

Berikut adalah penyebabnya:

  • Kotornya filter udara

Salah satu penyebab mobil boros bensin ialah kotornya filter udara dalam mobil. Kotornya filter udara dalam mobil tanpa disadari menghambat aliran udara. Hal tersebut juga berdampak pada performa mobil terutama bagian pacu sehingga menimbulkan gejala knocking.

  • Adanya kerak di ruang mesin

Selain filter udara yang kotor, penyebab mobil menjadi lebih boros BBM ialah karena adnaya kerak di ruang mesin. Kerak yang terdapat di ruang mesin tanpa disadari membuat volume ruang bahan bakar pada akhirnya menjadi lebih berkurang sehingga tenaga mesin yang dihasilkan juga akan semakin kecil.

  • Lubang nozzle injektor tersumbat

Selain kedua hal tersebut masih ada penyebab mobil boros bensin yaitu tersumbatnya lubang nozzle injektor kendaraan. Tahukah Anda bahwa saat ini, lubang nozzle injektor sengaja dibuat dengan ukuran yang sangat kecil sehingga hal tersebut membuat mudah tersumbat. Bila sudah begini, pembakaran dari BBM menjadi tidak sempurna dan tentunya mengurangi efisiensi bensin kendaraan.

  • Piston dan ring piston aus

Satu lagi yang menyebabkan mobil boros bensin yaitu ring piston dan piston sudah aus. Jika ring piston dan piston sudah lama terkikis maka secara tidak langsung hal tersebut membuat kompresi kendaraan menjadi semakin berkurang. Sehingga dampaknya akan mempengaruhi kinerja mesin. Tarikan tenaga yang nantinya dihasilkan akan menjadi loyo dan alhasil bensin cepat habis.

Itu dia beberapa penyebabnya,berikut ini ada cara mengatasinya.
Cara mengatasi mobil boros bbm.
Berikut adalah caranya:

  1. Jangan Panaskan Mobil Terlalu Lama

Hal pertama sebagai cara mencegah biar mobil tidak boros bbm adalah dengan tidak memanaskan mobil terlalu lama. Meskipun kegiatan ini memang diperlukan untuk beberapa kendaraan keluaran lama, namun untuk kendaraan baru rupanya hal ini justru bisa menyebabkan bahan bakar terkuras habis loh.

  1. Hindari Gaya Mengemudi Stop and Go

Cara mencegah biar mobil tidak boros bbm selanjutnya adalah dengan menghindari gaya mengemudi stop and go, yaitu suatu kondisi dimana pengguna sering menginjak rem dan juga menekan pedal gas yang akan membuat boros bbm. Maka dari itu, usahakan untuk menginjak pedal rem maupun gas seefektif mungkin.

  1. Mengemudi di Kecepatan Ideal

Kecepatan ideal kendaraan bermotor roda empat biasanya berada pada kisaran 80 km/jam. Jika Anda mengemudi pada kecepatan ideal tersebut, maka konsumsi bahan bakar tidak boros dan Anda bisa menghematnya sebanyak mungkin. Pastikan pula untuk mengatur gear yang tepat dan berada di kondisi jalan mendukung.

  1. Matikan Mesin Saat Kondisi Macet Total

Jika Anda berada di kota besar tentunya tidak bisa lepas dari kemacetan bukan? Keadaan jalanan yang macet total seringkali membuat pemakaian bbm menjadi boros. Alangkah baiknya untuk mematikan mesin dan juga membuka sedikit jendela mobil agar sirkulasi udara yang ada tetap terjaga walaupun AC dimatikan.

  1. Gunakan AC secara Efisien

Penggunaan AC juga mempengaruhi putaran mesin yang sangat berdampak besar pada konsumsi bahan bakar. Maka dari itu, gunakanlah AC seefisien mungkin dan sewajarnya agar tidak membebani putaran mesin yang membuatnya menjadi boros bbm. Jika AC mobil Anda mengalami permasalahan, lakukan perawatan di bengkel spesialis AC mobil favorit Anda.

  1. Service Mesin Mobil Secara Berkala

Untuk menghemat konsumsi bahan bakar, usahakan untuk selalu melakukan service mesin mobil secara berkala. Dengan begitu, maka saluran bahan bakar dan komponen lainnya akan diperiksa dan juga terjaga dalam kondisi terbaiknya. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah biar mobil tidak boros bbm dan mengonsumsi nya sesuai standar pabrikan seefisien mungkin.

  1. Gunakan Bahan Bakar Sesuai Persyaratan Pabrikan

Cara mencegah biar mobil tidak boros bbm adalah bisa dilakukan dengan mengonsumsi bahan bakar sesuai persyaratan atau rekomendasi pabrikan. Jika mobil Anda dianjurkan untuk menggunakan pertamax, maka jangan gunakan bahan bakar berjenis premium begitu pula sebaiknya. Ketidakcocokan antara kompresi pembakaran dengan bahan bakar yang digunakan pastinya membuat mobil jadi lebih boros bbm.

Itu dia beberapa penyebab dan cara menangani mobil yang boros bbm,semoga dapat membantu kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here