Penyebab Mobil Terbakar, Sebenarnya terjadi kebakaran pada mobil bisa terjadi pada semua jenis mobil yang disebabkan oleh beberapa hal seperti konslet sistem kelistrikan, bocor selang bahan bakar dan sebagainya.

Meskipun kejadian terbakarnya mobil ini masih terbilang jarang ditemui dan terjadi pada beberapa kecelakaan parah saja, akan tetapi anda sebagai pemilik mobil tetap harus waspada tentang beberapa hal yang bisa membuat kendaraan terbakar sehingga jangan sampai terjadi pada anda. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan anda simak ulasan berikut ini.

  • Ada Kabel Terkelupas

Keadaan sebuah mobil yang tidak stabil akan membuat kabel yang rapuh saling bergesekan dan menyebabkan kabel terkelupas sehingga timbul percikan api. Ini bisa terlihat dari bau sangit yang ada di mobil anda dan jika ini terjadi, maka segera hentikan mobil anda

  • Kabel Pararel Aki Tidak Kecang

Penyebab Mobil Terbakar yang kedua yaitu kabel pararel yang menumpuk pada aki dan baut tidak terpasang dengan kuat juga bisa menimbulkan konsleting dan bisa menjadi penyebab dari terbakarnya mobil. Pastikan untuk selalu memeriksa baut atau soket aki mobil dengan rutin supaya terhindar dari musibah tersebut.

  • Ukuran Kabel Tidak Sesuai

Kabel menjadi salah satu bagian yang riskan dan jika tidak memakai jenis atau tipe yang sesuai dan berkualitas, maka bisa menyebabkan mobil terbakar. Setrum yang lewat pada kabel memiliki daya berbeda-beda dan jika salah dalam pengaplikasian maka kabel akan memuai dan api menyebar ke seluruh bagian mobil.

  • elang Bahan Bakar Bocor

Mobil yang sudah tua umumnya selang bahan bakar yang terbuat dari material kain dan sangat mudah robek. Periksa selang bahan bakar ini secara rutin dan mengganti selang jika sudah rapuh sebab akan memicu percikan api dan langsung membakar bagian mobil lainnya atau bahkan meledak.

  • Air Filter Karburator Terbuka

Pada mobil yang memakai sistem karburator, maka hindari memakai air filter yang terbuka, sebab hawa dari bensin yang menguap bisa tembus lewat celah kecil book air filter. Apabila ada kabel terkelupas dan saling bergesekan serta uap dari bensin mengenai bagian kabel tersebut akan langsung membakar mobil.

  • ipa Knalpot Bocor

Pipa knalpot khususnya pada bagian bawah tangki bensin yang bocor juga akan sangat berbahaya jika terkena panas. Bensin akan menguap dan menjadi penyebab terbakarnya mobil meskipun tahap terbakar ini membutuhkan proses yang lumayan lama.

  • Kebocoran Pada Oli

Pada mobil yang sudah di modifikasi, sangat wajib memakai pembungkus anti panas pada header. Namun sebelum melakukan ini, ada baiknya jika anda memeriksa apakah ada oli yang bocor atau cipratan oli dari blok mesin yang bisa menjadi salah satu penyebab dari terbakarnya sebuah mobil.

  • Mesin Mobil Dimodifikasi

Bagian mesin mobil yang telah dimodifikasi harus memakai selang bahan bakar yang berkualitas bagus, khususnya jika memakai bahan bakar bensin. Pilih selang bahan bakar dengan serat karbon baja, sebab jika tidak di ganti, maka rentan mengalami kebocoran bahan bakar dan membuat timbulnya api secara tiba-tiba pada mobil tersebut.

  • O Ring Injektor Keras

Selang atau karet pada o ring injektor haruslah dalam keadaan lentur atau fleksibel, jika selang atau karet ini keras maka sangat rentan terjadi kebocoran yang bisa sangat berbahaya. Ganti selang atau karet tersebut untuk mencegah terjadinya kebocoran yang tidak diinginkan tersebut.

  • Bocor Pada Setrum Kabel Busi

Jika terjadi kebocoran pada setrum kabel busi maka bisa menjadi penyebab timbulnya percikan api dan saat kena sedikit saja tetesan dari bahan bakar akan membuat mobil langsung meledak dan terbakar.

  • Charger Mobil Tidak Original

Charger mobil murah atau tidak original juga menjadi satu dari sekian banyak terjadi kebakaran pada mobil. Charger ini umumnya mempunyai arus dan juga penampang yang lebih besar dan membuat arus yang tersalur pada kabel di bagian belakang rumah lighter jadi lebih cepat panas.

Cara Mencegah Mobil Terbakar

Untuk menghindari terjadi kebakaran pada mobil akibat konsleting, kebocoran, arus pendek seperti yang sudah dijelaskan diatas, maka anda perlu mengetahui cara pencegahanya dengan baik sehingga kejadian tersebut tidak sampai menimpa anda.

  • Pasang sekring tambahan

Jika anda ingin menambah aksesoris pada mobil seperti modifikasi klakson atau lampu, maka pasang juga sekring tambahan dan jangan pakai jalur kabel standar sistem kelistrikan mobil. Jika ini dilakukan, maka akan membuat arus pada kabel semakin terbebani sehingga panas, mengeras lalu terbakar.

  • Pakai ukuran lampu sesuai

Pakai juga ukuran dari lampu yang sesuai dengan ukuran daya, apabila masih memakai sistem kelistrikan standar, maka jangan ganti lampu dengan daya yang lebih besar sebab tidak sesuai dengan kekuatan kabel serta ukuran sekring.

  • Periksa visual kabel

Periksa juga kabel sistem kelistrikan mobil, jika ada yang terkelupas, meleleh atau kendor maka lapisi dengan selotip khusus listrik atau di ganti.

  • Tambah pelindung kabel

Tambahkan juga pelindung kabel dan posisikan kabel tambahan pada jalur yang tepat. Biasanya, rangkaian tambahan akan membentuk jalur baru diluar jalur standar, sehingga posisi kabel tambahan akan rawan tergesek.

  • Service secara rutin

Saat anda melakukan service, lakukan secara rutin pada bengkel resmi untuk memeriksa sistem kelistrikan mobi; dari mulai baterai, fungsi kelistrikan dan sebagainya.

  • Hindari by pass sambungan kelistrikan

Hindari penggunaan by pass pada sambungan listrik, sebab jika kabel tidak dapat menghantarkan arus listrik besar maka akan meleleh dan menimbulkan api. Selain itu lakukan dengan rutin pemeriksaan sambungan kabel listrik pada mobil anda.

  • Rawat bearing

Bearing atau bantalan yang terbuka juga harus diperiksa dengan rutin seperti contohnya bearing penyetelan tingkat ketegangan V Belt. Pastikan V Belt kuat namun tidak terlalu tegang, sebab jika tidak terpasang dengan baik maka akan terjadi gesekan yang memanas dan berpotensi menimbulkan percikan api.

  • Periksa air radiator

Periksa air radiator sebelum mobil digunakan, jika air radiator habis maka akan menyebabkan mesin menjadi panas sehingga beberapa komponen yang terbuat dari plastik atau karet akan meleleh dan mudah terbakar.

  • Sediakan pemadam api

Siapkan juga pemadam api di dalam mobil anda, sehingga saat terjadi percikan atau kobaran api, ada bisa langsung menyemprotkan alat pemadam itu untuk langkah awal penanggulangan kebakaran mobil.

  • Hindari memakai pemantik api saat memeriksa mesin

Hilangkan kebiasaan anda menggunakan korek api untuk penerangan pada saat memeriksa kerusakan pada kendaraan anda namun gunakan senter. Korek yang menjadi sumber

  • Sterilkan kap mesin

Pastikan juga kap mesin selalu dalam keadaan steril dari berbagai benda asing khususnya yang mudah terbakar seperti plastik, kertas, tisu dan kain.

  • Tidak parkir dekat pembakaran

Pada saat anda ingin memarkir mobil, perhatikan sekeliling lokasi tersebut dan pastikan tidak ada tempat pembakaran sampah. Ini bisa menyebabkan benda yang sedang terbakar akan terbawa angin dan mengenai mobil anda.

Nah,itu dia penyebab mobil terbakar semoga bermanfat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here