buah kendaraan tentu saja mengharuskan anda sebagai pemilik mobil untuk mengetahui cara merawat mobil baru dengan baik sehingga mobil anda dapat bertahan lama dengan kondisi yang selalu prima setiap digunakan. Jika anda tidak mengetahui cara merawat mobil dengan baik, maka tentu saja akan menimbulkan banyak permasalahan pada mobil anda. Masalah yang terjadi pun bisa bermacam-macam dan menyebabkan mobil tidak bisa digunakan. Salah satu permasalahan yang sering terjadi akibat mobil yang jarang dirawat adalah mobil mogok tidak bisa distarter. Biasanya ini sering terjadi pada mobil-mobil berusia tua, namun tidak menuntut kemungkinan jika dapat terjadi pada mobil baru sekalipun. Jika hal ini terjadi pada mobil anda maka ketahuilah penyebabnya terlebih dahulu dan kemudian baruslah anda mengatasi dan memperbaikinya. Tidak semua masalah dapat diatasi dengan membawanya ke bengkel, beberapa hal bisa anda atasi sendiri.

Penyebab mobil tidak bisa hidup padahal sudah distarter biasanya disebabkan karena terdapat kerusakan pada sistem kelistrikan, dapat kita ketahui apabila ketika mobil distarter namun tidak menunjukkan adanya arus listrik tersambung atau mengalir yang dapat kita dengar dari bunyi starter dari dinamo. Sering kali suara dinamo starter terdengar lemah dan mengayun dan yang paling parah tidak ada respon suara dinamo sama sekali. Akan tetapi jika kita mendorong mobil, mesin masih bisa hidup kembali. Sebagai catatan untuk mengatasi mobil mogok, tidak semua mobil mogok dapat diatasi dengan mendorongnya.

Masalah Kelistrikan

Penyebab yang paling sering terjadi saat mobil mogok dan tidak bisa distarter adalah pada bagian kelistrikan. Hal ini bisa anda rasakan saat mobil distarter namun tidak terasa arus listrik yang menyambung atau mengalir yang dapat didengar. Namun ketika anda mendorong mobil, maka mesin masih dapat hidup kembali. Nah berikut ini ada beberapa cara mengatasi masalah pada bagian kelistrikan.

  1. Periksa Socket dan Kunci Kontak

Jika kunci kontak dapat diputar namun ana tidak mendengar bunyi dinamo starter bergerak, maka cobalah untuk memeriksa socket kunci kontak terlebih dahulu sebelum anda mengecek kondisi aki. Kunci kontak yang rusak juga dapat menyebabkan mobil tidak dapat distarter diakibatkan kendornya socker yang menjadi penghubung kunci kontak. Sehingga mobil tidak dapat menyala.

  1. Periksa Aki

Aki adalah komponen yang cukup penting dalam sebuah kendaraan. Jika aki tidak berfungsi maka tentu saja mobil tidak dapat menyala. Untuk itu periksalah bagian aki mobil karena aki merupakan sumber arus terbesar yang adapada mobil. Jika kondisi cairan aki berkurang dan usia aki melebihi dari 2 tahun, maka hal yang mungkin saja jika aki tekor dan tidak dapat mengalirkan arus listrik. periksa kabel kutub yang ada pada aki, jika kondisinya kotor dan berkerak maka dapat menyebabkan aki kendor yang menganggu kerja aki. Untuk itu bersihkan aki mobil dengan menggunakan cairan khusus untuk menghilangkan kerak dan jamur yang menempel. Namun jika arus aki tekor, maka anda bisa melakukan jumper  aki. Jika kondisi aki memang sudah rusak, maka akan lebih baik untuk mengganti aki yang lama dengan aki mobil yang bagus dan berkualitas.

  1. Periksa Kabel Sekring Utama

Kabel sekring utama juga dapat mempengaruhi masalah pada starter mobil. Periksalah kondisi dari kabel sekring utama yang ada pada mobil anda, biasanya posisi kabel ini berada dekat pada aki di kutub positifnya. Jika memang kondisinya putus atu rusak, maka gantilah kabel sekring utama dengan yang baru.

  1. Periksa Dinamo Starter

Kerusakan pada dinamo starter akan anda rasakan dari munculnya bunyi “tek tek” ketika mobil sedang distarter. Jika hal ini terjadi pada mobil anda maka solusinya adalah segera perbaiki dan ganti dinamo dengan yang baru. Anda bisa mengetahui ciri-ciri dinamo yang rusak akan terdengar suara yang lepas namun tidak bisa menghidupkan putaran mesin.

  1. Periksa Kondisi Kabel-Kabel

Jika mobil mogok tidak bisa distarter lainnya bisa jadi dikarenakan kondisi kabel-kabel listrik yang memang mulai mengeras. Hal ini biasanya dikarenakan ada kabel ataupun serat kabel yang telah putus dan getas. Jika memang mobil anda berusia lebih dari 10 tahun, memang lebih baik untuk memperbarui kabel-kabel elektrik pada mobil anda. Hal ini sudah menjadi cara merawat mobil tua yang wajib dilakukan. Namun untuk melakukannya akan lebih baik untuk menyerahkannya langsung pada teknisi yang sudah ahli.

  1. Periksa Dinamo Ampere

Penyebab masalah kelistrikan lainnya bisa dikarenakan aki yang cepat drop atau tekor, hal ini diakibatkan pengisian alternator yang kurang. Apalagi jika mobil anda memang menggunakan banyak aksesori elektronik yang membutuhkan arus listrik yang besar. Sehingga penting untuk memperhatikan kerja alternator. Jika memang kondisinya sudah tidak baik, maka segera ganti dengan alternator yang memiliki daya lebih besar jika memang fungsi alternator mobil sudah terganggu.

Masalah Kerusakan Komponen Mesin

Masalah mobil yang tidak dapat distarter bisa dikarenakan kerusakan pada komponen mesin. Biasanya ini akan ditandai dengan mesin  yang dapat distarter namun tidak mampu untuk menghidupkan mesin. Jika seperti ini meskipun mobil sudah didorong sekalipun namun mesin tidak dapat menyala.

  1. Periksa Busi, Kabel Busi, dan Koil

Jika mesin mobil tidak dapat menyala karena masalah pengapian, maka tentu saja ketiga komponen ini perlu di cek dengan teliti. Ketiga komponen ini akan saling berhubungan satu sama lainnya. Sehingga jika salah satu komponen rusak, maka tangani dengan segera. Kerusakan yang terjadi pada ketiga komponen ini dapat menyebabkan mobil tidak dapat menyala meskipun sudah distarter sekalipun.

  1. Periksa Bagian Karburator

Bila mobil yang anda miliki masih menggunakan sistem karburator untuk suplai bahan bakar, maka bisa saja kondisi karburator yang kotor menjadi penyebab utama mobil mogok tidak bisa distarter. Untuk itu bersihkan komponen karburator mobil dari segala kotoran dan kerak yang menempel. Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus yang dijual di pasaran. Selain itu settingan pada karburator mobil yang tidak tepat juga bisa menyebabkan proses pembakaran tidak berjalan dengan baik sehingga mobil tidak bisa distarter.

  1. Cek Pompa Bensin

Kerja pompa bensin yang kurang maksimal bisa menyebabkan mobil mogok sehingga mesin tidak bisa dinyalakan. Hal ini lah yang kemudian membuat aliran bensin yang menuju karburator tidak bisa berjalan. Jika pompa bensin anda yang mengalami kerusakan maka lakukan perbaikan dengan segera. Bawa ke bengkel terdekat untuk ditindak lanjuti lebih dalam.

  1. Cek Kondisi CDI
Fungsi dari CDI adalah untuk mengatur proses pengapian di dalam putaran mesin. Untuk itu lah kerja CDI sangat penting dalam sebuah kendaraan. Jika kerja CDI melemah maka tentu saja menyebabkan mobil tidak dapat dinyalakan. Tak hanya itu saja, usia pakai CDI juga menjadi faktor penyebab kerusakan CDI. Cara nemperbaiki CDI mobil yang rusak akan lebih baik jika anda membawanya ke bengkel yang memang khusus menangani kerusakan CDI.
1.      Terjadi Masalah Kelistrikan

Masalah ini merupakan yang paling sering terjadi. Kondisi ini dapat Anda ketahui dengan mudah ketika hendak menstarter mobil, namun tidak ada arus listrik yang mengalir. Sehingga mobil tidak bisa menyala dan dijalankan. Untuk mengatasinya, Anda dapat menyuruh orang mendorong mobil, sedangkan Anda berusaha menyalakan starternya. Namun, cara ini memakan waktu dan energi. Lagipula, tidak semua starter dapat hidup kembali dengan cara ini.

Jika Anda memiliki keluhan mobil tidak dapat distarter karena masalah kelistrikan, Anda dapat memeriksa beberapa komponen pada mobil. Diantaranya:

  • Kunci kontak. Komponen ini sangat berpengaruh ketika menstarter mobil. Jika kunci kontak telah diputar, namun hasilnya nihil (dinamo tidak bergerak), maka Anda perlu memeriksa kunci kontaknya. Apakah terjadi masalah atau tidak. Rusaknya kunci kontak tidak akan dapat menyalakan mobil. Biasanya kunci kontak terhubung dengan socket. Jika socket

    dalam keadaan kendur, cobalah untuk mengetatkannya agar mobil bisa distarter

  • Dinamo starter. Sangat mudah untuk mengetahui apakah dinamo starter rusak atau tidak. Jika saat mesin dinyalakan tidak ada bunyi “tek-tek”, sudah dapat dipastikan dinamo starternya rusak. Apabila terdapat suara “tek-tek”, namun hanya terdengar lepas, itu tandanya juga dinamo starter mengalami kerusakan. Jika hal ini terjadi, coba bawa mobil ke bengkel untuk diganti dinamo starternya. Pilihlah dinamo starter yang sesuai dan berkualitas bagus agar dapat tahan lama
  • Aki mobil. Sumber arus listrik yang paling besar berasal dari aki sebuah mobil. Jika aki mobil rusak, sudah pasti mobil tidak akan bisa dijalankan. Untuk itu, Anda perlu senantiasa memeriksa bagian aki ini. Terkadang, banyak debu membandel yang menempel pada bagian aki. Sehingga Anda perlu membersihkannya agar aliran arus listrik dapat berjalan dengan lancar.Jika usia aki sudah lebih dari 2 tahun, sebaiknya Anda mulai memikirkan untuk mengganti aki lama dengan yang baru. Namun, harga aki terbilang lumayan mahal. Jadi Anda perlu menabung terlebih dulu
  • Alternator. Penyebab selanjutnya adalah alternator. Ketika pengisian dari laternator itu sendiri telah berkurang, maka aki akan cepat drop. Sehingga mobil akan menjadi sulit distarter. Apalagi jika mobil Anda banyak dihiasi oleh alat-alat elektronik di dalamnya, seperti: radio. Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak alat elektronik di dalam mobil, sebaiknya Anda perlu mengganti alternator ke daya yang lebih besar. Semakin besar daya, semakin banyak pula alat elektronik yang dapat dimuat di dalam mobil
  • Sikring utama. Bagian ini dekat dengan aki mobil pada bagian kutub positif. Jika sewaktu ketika mobil sulit untuk distarter, maka Anda perlu memeriksa bagian ini. Jika Anda menemukan sikring yang putus, sebaiknya langsung ganti dengan sikring yang baru. Tujuannya tak lain agar mobil dapat segera distarter lagi
  • Regulator. Fungsi regulator ini sendiri yaitu untuk membatasi aliran arus listrik yang masuk dari alternator ke bagian aki. Jika arus listrik yang masuk semakin banyak, maka aki akan semakin panas. Akibatnya aki menjadi mendidih dan menguap, sehingga terjadi overcharging yang akan membuat aki menjadi kering. Aki yang kering akan sangat berbahaya jika dibiarkan terlalu lama. Karena aki kering menjadi salah satu penyebab utama penggantian aki pada mobil
  • Kabel-kabel lainnya. Penyebab terakhir adalah karena kabel-kabel di dalam mobil mengalami pengerasan. Akibatnya kabel tersebut menjadi putus dan rusak. Jika usia dari kendaraan Anda sudah tergolong tua (di atas 10 tahun), sebaiknya Anda mulai mengganti kabel yang ada di dalam mesinnya. Hal ini dilakukan agar kerusakannya tidak semakin parah di kemudian hari

2.      Terdapat Masalah Pada Mesin

Selain masalah kelistrikan, masalah pada mesin termasuk penyebab mengapa mobil tidak dapat distarter atau dihidupkan. Walaupun sudah berkali-kali distarter, hasilnya tetap sama. Mesin toh juga tidak bisa hidup. Menyebalkan, bukan? Untuk itu, Anda perlu memeriksa beberapa bagian yang terdapat pada mesin, diantaranya:

  • Bagian busi. Ketika mobil tidak dapat distarter, sebaiknya Anda mulai memeriksa bagian businya. Bagian ini saling terhubung dengan koil. Untuk itu, Anda perlu mengecek kabel busi secara keseluruhan. Jika ada kerusakan, segera menggantinya dengan yang baru
  • Karburator. Di era modern seperti sekarang, masih ada konsumen yang suka menggunakan mobil tanpa injeksi. Mobil jenis inilah yang biasanya paling sering dilanda kerusakan pada bagian karburatornya. Karburator yang kotor akan menyebabkan proses pembakaran tidak baik. Untuk itu, segera bersihkan bagian karburator dan aturlah putaran angin yang tepat di bagian karburator
  • Pompa bensin. Apabila pomba bensin rusak, maka proses pengaliran bensin ke karburator tidak akan berjalan dengan baik. Sehingga mobil akan menjadi sulit untuk distarter atau dihidupkan. Jika hal ini terjadi, segera lakukan pengecekan. Kalau perlu, bawa mobil Anda ke bengkel terdekat untuk segera diperbaiki bagian yang mengalami kerusakan
  • Bagian platina. Saat ini, banyak mobil yang tanpa platina, namun masih ada mobil yang menggunakan platina. Untuk mobil berplatina, coba atur atau setel bagian platina dengan tepat. Jika bagian ini disetel asal-asalan, akibatnya mobil akan sulit distarter atau dihidupkan
  • Bagian CDI. Terdiri dari dua, yaitu bushing CDI dan CDI nya itu sendiri. Kedua bagian ini tentu saja berbeda. Bushing CDI sendiri merupakan magnet dari CDI. Sedangkan, CDI merupakan tempat untuk mengatur pengapian pada saat mesin dinyalakan. Ketika kedua komponen ini melemah, maka mobil tidak akan bisa distarter. Untuk itu, Anda perlu membawanya ke bengkel langganan Anda. Namun, seringkali pihak bengkel kurang teliti dalam menganalisa kerusakan. Bagian yang harusnya rusak adalah bushing CDI, tetapi dikatakan CDI. Sebaiknya pilih bengkel dengan rating terbaik untuk menghindari kesalahan ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here