Dapat dikatakan jika mobil berwarna putih memang memiliki peminat yang tinggi. Tak heran jika banyak orang memilih membeli mobil putih, baik itu mobil baru maupun mobil bekas berkualitas.

Penyebab Mobil Warna Putih Menguning

Sayangnya cat mobil berwarna putih ini akan rentan berubah warna menjadi kekuningan yang disebabkan karena adanya kotoran, polusi, serta oksidasi cat mobil. Sehingga dibutuhkan perawatan khusus sehingga warna mobil putih tidak berubah warna menjadi kekuningan dan tidak menarik lagi. Nah berikut ini beberapa tips mencuci mobil putih yang wajib anda lakukan agar mobil tetap terawat dengan baik.

  1. Bersihkan Debu Dan Kotoran Terlebih Dahulu

Pertama kali anda bisa mencoba untuk membersihkan terlebih dahulu debu dan kotoran yang menempel di body mobil. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kemoceng. Hal ini dilakukan agar semua debu dan kotoran yang menempel tidak menyebabkan body mobil tergores ketika dicuci dengan menggunakan sabun. Atau anda bisa mencoba membersihkannya dengan air bertekanan sehingga debu dan kotoran dapat terlepas. Yang terpenting adalah debu dan kotoran bisa terlepas dari body mobil anda.

2. Perhatikan Air Yang Anda Gunakan

Cuci mobil anda dengan air yang bersih serta tidak terdapat kandungan karat yang tinggi di dalamnya. Jika anda menggunakan air biasanya yang anda gunakan untuk mencuci mobil, biasanya memiliki kualitas yang rendah. Dan setelah digunakan beberapa lama akan menimbulkan jamur yang menyebabkan mobil menjadi kekuningan. Kesalahan mencuci mobil ini perlu anda waspadai agar jangan sampai merusak cat mobil anda.

3. Pilih Shampo yang Tepat

Pemilihan shampo mobil juga sangat diperhatikan dalam mencuci mobil putih ini. Penggunaan shampo mobil yang tidak tepat bisa mempengaruhi cat mobil anda, apalagi jika mobil anda berwarna putih. Shampo yang memiliki kandungan detergen yang cukup banyak bisa beresiko merusak lapisan pelindung pada cat mobil anda. Anda bisa memilih shampo yang memang khusus digunakan untuk mobil. Bahkan jika perlu gunakan shampo dengan merk ternama yang memang sudah tidak diragukanlagi kualitasnya.

4. Jangan Menggunakan Sponge Untuk Mencuci

Cara mencuci mobilĀ  putih lainnya adalah dengan tidak menggunakan sponge, anda bisa menggunakan lap khusus seperti microfiber. Cuci mobil dengan menggunakan shampo hingga benar-benar merata dan semua kotoran dapat terlepas dari body mobil. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

5. Keringkan Dengan Lap Bersih

Cara mencuci mobil putih selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan mengeringkan body mobil dengan menggunakan lap bersih hingga benar-benar kering. Anda bisa menggunakan lap dengan serat halus dan bisa menyerap air dengan sempurna. Hindari sisa-sisa air yang menempel dan kemudian mengering dan menyebbakan warna cat menjadi memudar. Sehingga pastikan jika kondisi mobil benar-benar dikeringkan sempurna setelah dicuci bersih.

6. Gunakan Perlindungan Cat Mobil

Sebagai perlindungan pada cat mobil, anda bisa memoleskan pelindung cat mobil seperti wax dengan kandungan pH 0,3. Anda bisa mengoleskan nya satu kali seminggu. Saat memoleskan wax, pastikan anda mengikuti petunjuk yang tertera di kemasan. Jangan menggunakannya secara berlebihan karena dapat merusak lapisan paca cat mobil anda.

 

Nah itulah tadi penyebab serta cara mengatasi agar mobil tetap berwarna putih. Semoga bermanfaat ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here