Disaat anda membeli mobil apalagi mobil bekas selalulah untuk melakukan test drive secara mendalam. Rasakan setiap pergerakan mobil anda dan selalu lakukan pengecekan sebelum dan sesudah anda melakukan test drive.

Selain keseluruhan bodi mobil yang bergetar ada juga beberapa bagian mobil saja yang bergetar seperti setir dan rem. Penyebab setir mobil bergetar banyak pemicunya begitu juga dengan rem. Jika yang bergetar adalah bodi mobil secara keseluruhan banyak pelaku utama yang bisa disalahkan ketika keadaan ini terjadi.

Penyebab mobil bergetar bisa diakibatkan oleh beberapa faktor seperti yang paling banyak terjadi karena kebiasaan penggunaan mobil dengan cara kasar dan tidak baik. Kebiasaan buruk seperti itu bisa menyebabkan beberapa bagian komponen dari mobil cepat kendur dan bahkan menyebabkan getaran yang tidak nyaman. Nah berikut ini ada beberapa penyebab body mobil bergetar yang perlu anda waspadai.

  1. Kondisi Mesin

Saat anda merasakan adanya getaran pada body mobil ketika dikendarai maka cobalah untuk memeriksa kondisi mesin kendaraan. Penyebab yang paling sering terjadi adalah campuran pada bahan bakar serta udara yang mana tidak dapat terbakar sempurna dikarenakan banyak suplay, entah itu pada udara maupun bensin.

Untuk pengecekannya, anda dapat melihat busi atau koil. Jangan sampai terjadi percikan api. Namun jika tekanan pada bahan bakar yang ada di dalam ruang bakar kurang memadai, maka dapat mengakibatkan mesin menjadi bergetar. Pemicu lainnya yang dapat terjadi adalah kerusakan pada Engine Mounting (EM) yang terjadi dikarenakan usia pakai ataupun karena seringnya melakukan akselerasi ataupun deselerasi yang mendadak.

Untuk menanganinya, maka periksa bagian busi serta lakukan penggantian dengan segera. Jangan lupa untuk menegcek bagian filter udara dan bahan bakar. Jika kondisinya kotor maupun tersumbat maka segera lakukan penggantian yang mana telah direkomendasikan dari produsen mobil. Selain itu penting merawat mesin mobil secara rutin sehingga kondisi mesin tetap terjaga baik.

  1. Masalah Pada Rem Mobil

Jika getaran pada body mobil dirasakan setelah menginjak rem, maka dapat dipastikan jika sumber permasalahannya berasal dari sistem pengereman mobil. Salah satunya mungkin dikarenakan cakram rem. Cakram rem yang tidak presisi ataupun kondisi fisiknya yang tidak layak pakai membuat pengemudi dapat merasakan getaran ketika mobil digunakan. Jika hal ini terjadi karena cakram rem, maka cobalah untuk mengganti cakram pada rem. Selain itu, perhatikan pula penggunaan kampas rem. Bisa jadi kampas rem yang buruk menjadi penyebab getaran pada body mobil.

.Masalah Pada Ban Mobil

Penyebab body mobil bergetar lainnya yang seringkali terjadi adalah pada ban mobil. Hal ini terjadi dikarenakan kondisi ban mobil yang tidak seimbang. Getaran yang terjadi bisa dikarenakan ban yang aus dan tidak merata. Namun pada umumnya getaran mobil ini baru dirasakan ketika dalam kecepatan 80-90 km/jam.  Selain itu penyebab lainnya yang dapat terjadi dikarenakan tekanan pada ban mobil yang berbeda yang mana menyebabkan kerja shocbreaker menjadi lebih berat yang kemudian merembet pada kemudi mobil.

 

  1. Masalah Pada Roda

Jika mobil anda pernah mengalami kecelakaan sebelumnya, maka bisa jadi penyebab getaran mobil terjadi dikarenakan as roda mengalami kerusakan. As roda yang rusak dapat membuat getaran terasa hingga ke body mobil terutama jika digunakan dalam kecepatan yang tinggi.

  1. Masalah Pada Axle

Penyebab lainnya dapat dikarenakan pada bagian axle, meskipun jarang namun bukan berarti jika kerusakan ini tidak dapat terjadi. Selain  axle, drivehsaft juga dapat memicu terjadinya getaran yang diakibatkan masalah pada komponen joint.

  1. Masalah Pada Shocbreaker

Fungsi utama dari shocbreaker adalah untuk menahan getaran pada mobil ketika melewati jalanan yang kurang rata. Daya yang diterima oleh mobil saat berjalan di medan yang kurang rata akan diredam oleh komponen shockbreaker yang ada pada ban mobil agar tidak mencapai body mobil. Namun jika terjadi kerusakan pada bagian shockbreaker ini maka tentu saja fungsinya akan terganggu. Meskipun hanya satu saja yang mengalami kerusakan, namun tetap dapat membuat peformanya menjadi menurun. Untuk itu penting mengecek shockbreaker mobil anda ketika melewati jalanan yang berlubang, jangan terlalu kuat karena dapat menyebabkan kerusakan yang membuat fungsinya kurang maksimal.

  1. Masalah Pada Karburator

Penyebab lainnya dapat dikarenakan masalah pada karburator mobil, terutama pada bagian idle dan valve. Bagi anda yang memiliki mobil yang masih menggunakan sistem karburator,  maka cobalah untuk menyetel idle dan valve yang ada di dalam sistem karburator. Setelah itu, cek dengan menghidupkan mobil dan kemudian matikan kembali. Setelah itu lihat bagian valve karburator. Jika terdapat bensin yang masuk berlebih ketika kunci pada posisi off, maka anda perlu menindaklanjutinya. Hal ini menjadi tana jika terjadi kerusakan pada bagian karburator mobil anda.

Segera bawa mobil ke bengkel untuk ditangani oleh teknisi khusus sehingga dilakukan pembersihan dalam seluruh bagian yang ada di dalam sistem karburator sehingga kondisinya dapat kembali membaik dan getaran tidak terjadi lagi pada body mobil anda.

Cara menangani mesin mobil bergetar

  • Lakukan pengecekan kondisi mesin mobil

Jika kondisi mesin mobil Anda bergetar, sebaiknya Anda mengecek kondisi busi mobil Anda apakah sudah rusak atau mati, sebab hal itu dapat menyebabkan mesin mobil menjadi bergetar. Sebaiknya Anda mengecek kondisi pengapian busi tersebut apakah masih maksimal atau tidak untuk digunakan.

Cara mengeceknya cukup  mudah, Anda hanya perlu membuka busi dan menempelkannya ke bagian logam yang terdapat pada bagian mobil Anda. Amati secara cermat busi ketika mobil di starter. Jika nyala api pada busi berwarna biru maka busi masih dalam kondisi normal, sebaliknya jika nyala busi berwarna merah sedikit kekuningan, maka dapat dipastikan bahwa busi tersebut sudah tidak layak untuk digunakan dan harus diganti dengan busi yang baru.

  • Cek bagian engine mounting mobil Anda

Cara kedua yang harus Anda lakukan apabila mesin mobil bergetar adalah dengan mengecek kondisi engine mounting yang terdapat pada mobil Anda apakah masih dapat bekerja dengan baik atau tidak. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menghidupkan mobil dan melihat karet serta baut yang terdapat pada engine mounting tersebut. Jika kedua benda tersebut stabil dan tidak goyang, maka engine mounting masih dalam kondisi normal.

Hal terpenting untuk mengetahui penyebab mesin mobil bergetar adalah ketika bagian karet dan baut engine mounting penyanggah mesin ke sasis bergetar ketika posisi mesin dalam keadaan hidup. Jika kondisi ini terjadi, sebaiknya Anda segera mengganti engine mounting tersebut dengan yang baru.

·        Cek bagian karbunator mesin

Jika mobil Anda menggunakan sistem karbunator, sebaiknya Anda mengecek karbunator tersebut terutama di bagian valve dan idle. Caranya dengan menyetel secara perlahan valve dan idle yang terdapat di bagian karbunator tersebut dengan memposisikan mobil dalam keadaan hidup lalu dimatikan kembali, lalu lihatlah ke bagian valve karbunator.

Jika terdapat bensin yang berlebih masuk ketika posisi kunci dalam keadaan off dan jika terlihat ada bensin lebih pada mesin mobil Anda, maka sebaiknya Anda perbaiki karbunator tersebut dengan cara membawa ke bengkel langganan Anda untuk dilakukan pembersihan agar kondisi menjadi baik sehingga tidak menimbulkan getaran pada mesin yang dapat mengganggu pendengaran.

Demikianlah tips mengatasi mesin mobil bergetar yang dapat Anda lakukan dengan benar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Nah,itu dia penyebab dan cara mengatasi mobil xenia yang bergetar semoga bermanfat

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here