Mitsubishi Xpander adalah sebuah MPV 7 penumpang yang dirancang dan diproduksi di Indonesia oleh Mitsubishi Motors. Mobil ini pertama kali dimunculkan di situs web Mitsubishi Motors pada tanggal 17 Juli 2017.[1] Mobil ini diperkenalkankan pada tanggal 24 Juli 2017 di Jakarta[2] dan diluncurkan pada 10 Agustus 2017 di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang Selatan.[3] Mobil ini mulai dijual pada tanggal 3 Oktober 2017. Mobil ini didasarkan dari atau ditampilkan oleh XM Concept yang pertama kali ditampilkan di acara yang sama sebelumnya pada ajang GIIAS tahun 2016. Mobil ini tersedia dalam lima pilihan tipe, yaitu GLX Manual, GLS Manual, Exceed Manual/Automatic, Sport Automatic dan Ultimate Automatic.

Ini Penyebab Mitsubishi Xpander Terbakar di Riau

Hasil gambar untuk mobil xpander terbakar

 

pada Minggu (30/9/2018) lalu, 1 unit Mitsubishi Xpander ludes terbakar di Pekanbaru, Riau. Ternyata, penyebab peristiwa nahas tersebut ialah korsleting atau arus pendek pasca modifikasi.

Hal ini pun dibenarkan langsung Deputy Group Head of Planning & Communication PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Intan Vidiasari setelah tim investigasi Mitsubishi melakukan penyelidikan.

“Ternyata memang ada modifikasi tertentu. Tapi ada kabel yang tidak standar menempel di aki,” jelas Intan saat ditemui Liputan6.com di Hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Intan menyatakan, konsumen pemilik mobil MPV dengan pelat nomor BM 9257 XY juga telah mengakui bahwa dirinya telah melakukan modifikasi.

Namun, dirinya tak mengetahui adanya kesalahan dalam pemasangan sehingga sesuai standar Mitsubishi sehingga jadi berbahaya.

Tak dapat dipungkiri, Mitsubishi Xpander yang terbakar itu tergolong cukup baru, lantaran baru menempuh jarak sekitar 1.000 km atau satu kali service.

Atas kejadian ini, Intan mengimbau kepada dealer Mitsubishi di seluruh Indonesia agar lebih memperhatikan konsumen lebih baik lagi. Khususnya perihal modifikasi yang berhubungan dengan kelistrikan karena sangat beresiko.

Kini, Mitsubishi Xpander yang terbakar itu tengah diproses oleh pihak asuransi. Sementara itu, pihak Mitsubishi setempat tengah mengusahakan unit pinjaman selama proses asuransi berlangsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here