Banyak hal yang dapat menyebabkan mobil zebra boros bbm,maka dari itu anda harus tau lebih dulu penyebab dan cara memperbaikinya,simak artikel dibawah ini:

Penyebab Mobil boros bbm

Berikut adalah penyebabnya:

  1. Filter udara kotor

Jika hal ini terjadi, menyebabkan terjadinya hambatan suplai oksigen ke mesin. Hal ini dapat menurunkan performa mobil karena timbulnya gejala ngelitik (knocking).

  1. Tersumbatnya lubang nozzle injektor

Hal ini terjadi karena jarangnya servis berkala atau penggunaan BBM yang kurang bagus. Tanda-tandanya, saat pedal sudah diinjak cukup dalam tapi mobil enggan berlari kencang.

  1. 3 Piston dan ring piston

Bila komponen ini terkikis maka kompresi ruang bakar pasti berkurang. Sehingga berdampak langsung pada performa mesin yang akan menurun. Maka tarikan tenaga yang dihasilkan loyo dan bahan bakar menjadi cepat habis.

  1. Ban kurang angin

Cukup sepele tapi berdampak sangat merugikan, karena tapak ban melebar yang disebabkan kurangnya angin maka beban mobil semakin besar dan efeknya bensin jadi boros.

  1. Posisi gigi tak sesuai

Jika mobil Anda bertransmisi manual, pastikan selalu pindahkan gigi pada putaran mesin yang sesuai. Jangan biarkan mesin sering menderu terlalu lama. Saat menanjak juga biasakan pakai posisi gigi yang proper.

  1. Barang bawaan terlalu berat

Mulailah keluarkan barang bawaan yang tak perlu ada di mobil. Walau terlihat kecil, tapi jika jumlahnya banyak pastinya bobotnya akan jadi beban mesin. Belum lagi jika Anda mengangkut penumpang.

  1. Gaya mengemudi agresif

Jika Anda kerap menekan pedal gas dalam-dalam dan gemar berakselerasi secara spontan maka jangan harap mendapatkan konsumsi BBM yang efisien. Bijaksana lah dalam menekan pedal gas dan pastikan gigi transmisi dalam posisi yang benar dan sesuai putaran mesin.

Demikian penyebab mobil zebra boros bbm,berikut cara mengatasinya

Solusi Mobil zebra boros bbm

Berikut adalah solusinya:

  • Pastikan spuyer karburator mobil selalu dalam kondisi bersih dari kotoran
  • Bersihkan semua saluran udara di dalam karbu dan tidak ada kebocoran di dalamnya
  • Untuk pembersihan yang benar-benar total, karburator harus dibongkar seluruhnya dan disemprot dengan pembersih (carburetor cleaner) semua saluran-salurannya terutama yang saluran kecil
  • Diamkan selama semalam agar semua kotoran bisa rontok, pasang kembali karburator mobil ke esokan harinya
  • Periksa kondisi permukaan karburator Anda, apakah masih rata atau tidak. Kalau kondisi sudah tidak rata, maka dapat membuat BBM menjadi rembes dan mobil menjadi boros
  • Apabila ada bagian yang melengkung, maka ratakan bagian tersebut supaya rata

 

Itulah beberapa Penyebab zebra boros dan cara mengatasinya. Lebih baik lakukan perawatan mobil sebaik dan sedini mungkin agar mesin tetap prima dan tidak boros untuk penggunaan jangka panjang.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here