Cara Mengatasi Mesin Mobil Brebet

Kurangnya perawatan yang anda lakukan terhadap mobil, memang akan berdampak buruk bagi mobil anda sendiri. Jika sudah mengalami kerusakan parah, anda sendiri yang repot sobat. Jadi anda wajib melakukan perawatan rutin ya sobat.

Membahas mengenai masalah yang sering terjadi pada mobil, pernahkan sobat mengalami masalah mesin mobil brebet? Saya rasa sih pasti anda pernah mengalaminya. Karena pada dasarnya mesin mobil jika tidak diperhatikan, pasti akan brebet pada saat awal penggunaan dan banyak juga yang mengalami gas mobil ngempos saat sedang dalam perjalanan.

Pada artikel kali ini saya bermaksud ingin membagikan sedikit informasi yang saya ketahui mengenai cara mengatasi mesin mobil brebet. Jika anda ingin mengetahuinya lebih lanjut dan lebih dalam lagi, yuk kita simak bersama – sama penjelasan di bawah ini sebagai berikut :

  1. Panaskan Mesin Mobil Secara Rutin dan Sebelum Digunakan

Kebiasaan menggunakan motor tanpa dipanasi terlebih dahulu memicu terjadinya mesin mobil brebet saat digunakan. Brebet ini diakibatkan karena mesin yang masih dingin sudah langsung dijalankan motornya. Wajar saja mesin brebet, oli belum panas dan belum bekerja secara maksimal.

Setelah anda mulai gas dan jalankan mobilnya, pasti brebet tersebut lama kelamaan akan hilang, karena bagian mesin juga secara perlahan akan bekerja dengan baik setelah kondisinya panas. Pemanasan mesin mobil ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu tips perjalanan jauh menggunakan mobil sobat. Karena pemanasan mobil memang sangat penting untuk menjaga kondisinya tetap baik.

  1. Periksa Bagian Selang yang Terhubung Langsung ke Bagian Pompa Bensin

Selanjutnya setelah anda melakukan pemanasan bagian mesin secara rutin, namun mesin mobil masih terasa brebet, maka anda bisa melakukan pengecekan pada bagian selang yang terhubung langsung dengan bagian pompa bensin ya sobat.

Bahan bakar seperti halnya bensin, biasanya akan menyisakan kotoran saat proses pembakaran. Kotoran ini nantinya akan mengendap di dalam tangki yang lama kelamaan akan semakin menumpuk. Kotoran yang menumpuk ini secara otomatis akan tersedot oleh selang dan menjadi menumpuk di bagian pompa bensin. Kondisi inilah yang menyebabkan mobil terasa brebet saat anda sedang mengegasnya.

Kurangnya pengecekan sebenarnya sangat menentukan kondisi dari pompa bensin itu sendiri. Kotoran yang menyumbat akan membuat bagian ini menjadi semakin melemah dan bahkan tidak sedikit kasus mesin menjadi mati karena terlalu banyak kotoran yang terdapat di bagian tersebut.

Saya sarankan jika mobil anda sudah terasa brebet saat digunakan, padahal anda sudah melakukan pemanasan secara rutin, segeralah lakukan pengecekan pada bagian pompan bensin ya sobat, takutnya nanti saat anda paksa gunakan malah mogok di jalan.

  1. Lakukan Pengecekan Pada Bagian Saringan Bensin

Jika anda melihat dan memperhatikan secara seksama pada bagian saringan bensin, pasti anda akan menemukan perbedaan dari kedua katupnya. Dua katup ini terhubung ke bagian yang berbeda juga lo sobat. Katup yang satunya terhubung langsung dengan bagian pompa bensin dan katup yang satunya lagi terhubung ke bagian karburator atau pun ke bagian injeksi.

Saringan bensin yang sudah kotor juga akan menyebabkan suatu masalahnya seperti mobil brebet saat sedang di gas. Kebersihan memang menjadi salah satu solusi terbaik sobat. Untuk itu selalu lakukan pengecekan rutin terhadap komponen – komponen mobil yang berhubungan dengan bahan bakar ya sobat. Terkadang tidak sedikit orang yang melihat saringan bensinya dipenuhi dengan uap air yang tentu saja ikut menyumbang masalah brebetnya mobil anda.

  1. Lakukan Pemeriksaan Pada Bagian Busi

Bagian busi juga merupakan salah satu komponen penting yang wajib anda jaga kondisinya. Tidak sedikit masalah yang terjadi pada bagian busi sehingga menyebabkan mobil menjadi brebet dan terkadang juga menjadi penyebab knalpot mobil nembak. Busi memang sangat riskan terkontaminasi dengan kotoran secara langsung. Untuk itu anda wajib memberikan perhatian lebih ya sobat.

Bukan businya saja yang membuat mobil menjadi brebet, namun bagian kabel busi juga bisa membuat mobil brebet lo sobat. Bagi sobat yang belum mengetahui ciri fisik dari kabel busi, sobat bisa perhatikan sekarang. Kabel busi yang baik, kondisinya akan baik tanpa adanya retakan ataupun pecah.

Jika anda melihat terdapat retakan atau pun bahkan pecahan di bagian kabel tersebut, maka anda bisa langsung menggantinya dengan kabel yang baru. Kerusakan yang terjadi jika tidak segera diganti akan mengurangi kinerja dari busi itu sendiri.

Selanjutnya apabila businya juga tidak kelihatan baik, ada baiknya anda menggantinya juga. Harganya tidak mahal kok sobat. Namun yang perlu anda ingat adalah merk yang digunakan. Samakan merknya dengan sebelumnya, jika tidak maka mobil kemungkinan akan pincang dan timbulah brebet pada mobil tersebut.

 

 

  1. Gunakan Bahan Bakar Dengan Kualitas Baik

Bahan bakar dengan kualitas baik seperti halnya pertamax, akan membuat mobil anda tetap prima dan dalam kondisi baik. Sehingga masalah brebet pada mobil bisa dihindari bahkan bisa ditekan. Jangan lihat dari segi harganya saja layaknya premium yang harganya murah, namun dampaknya pada mesin mobil anda cukup memprihatinkan.

Sisa pembakaran premium akan menghasilkan kotoran yang mengendap di mesin tersebut. Boleh saja anda menggunakan premium, yang terpenting anda wajib memberikan selingan pertalite atau pertamax untuk menstabilkan peformanya. Selain itu penggunaan bahan bakar yang tepat merupakan cara merawat tangki bahan bakar mobil yang baik agar tidak cepat keropos karena kotoran yang telah lama mengendap.

Penyebab mobil zebra brebet

  1. Masalah pada Supply Bensin
  2. Pompa Bensin Rusak / Lemah

Kebanyakan motor tidak membutuhkan pompa bensin karena tangkin bensin terletak di bagian atas karburator atau injeksi sehingga gravitasi saja cukup untuk mengalirkan bensin. Lain halnya dengan mobil, pada mobil dibutuhkan pompa bensin adalah komponen vital untuk menyalurkan bensin dari tangki yang berada di bagian bawah. Pompa bensin ada dua jenis utama, yaitu pompa bensin mekanik (rotax / membran) dan pompa bensin elektrik. Pompa bensin mekanik tidak membutuhkan daya untuk bekerja. Pompa bensin mekanik bekerja dengan putaran mesin untuk menyalurkan bensin dari tangki bensin. Sedangkan pompa bensin elektrik membutuhkan daya untuk menyalurkan bensin dari tangki bensin. Pompa bensin mekanik yang sudah berumur biasanya bocor yang menyebabkan melernya oli pada pompa bensin, namun masih dapat digunakan, namun jika kondisinya parah dapat menyebabkan ndut-ndutan atau bahkan mesin mati sama sekali. Sedangkan pada pompa bensin elektrik yang sudah lemah, bensin yang mampu disuplai berkurang sehingga terjadi gejala brebet ketika mesin membutuhkan bensin dalam jumlah banyak, namun ketika benar-benar rusak, pompa bensin tak mampu menyuplai bensin sama sekali. Solusinya, ganti pompa bensin.

  1. Filter Bensin Mampet

Filter bensin berfungsi untuk menyaring kotoran yang dikandung bensin agar tidak menyumbat injektor atau masuk ke ruang mesin. Filter bensin yang mampet menyebabkan terganggunya aliran bensin sehingga suplai bensin menjadi terhambat. Solusinya, untuk keadaan darurat filter bensin bisa dibersihkan dengan  memasukkan bensin dari arah masuk filter, kemudian dikocok dan dikeluarkan. Tidak disarankan untuk menyemprot dengan angin bertekanan tinggi karena filter bensin umumnya terbuat dari bahan kertas yang rentan jebol atau robek jika disemprot angin bertekanan tinggi. Jika memungkinkan sebaiknya filter bensin diganti saja.

 

 

  1. Spuyer / Injector Mampet

Mampetnya spuyer / injector menyebabkan bensin tidak dapat disalurkan ke ruang bakar. Pada kondisi mampet ringan, spuyer atau ijector masih bisa dibersihkan dengan menyemprot karburator cleaner / injector cleaner. Jika mampetnya sudah parah, untuk yang masih menggunakan karburator lebih baik karburatornya dibongkar dan dibersihkan. Untuk yang sudah injeksi, dapat dibawa ke bengkel spesialis untuk servis dan kalibrasi.

  1. Masalah pada Supply Udara
  2. Filter Udara yang Sudah Kotor

Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara yang dibutuhkan sebagai pencampur bahan bakar. Filter udara biasanya masih bisa dibersihkan dengan menyemprotkan angin bertekanan tinggi secara berlawanan arah. Untuk kondisi yang sudah parah, lebih baik filter udara diganti.

  1. Kebocoran Selang Vakum

Karburator memiliki beberapa selang vakum untuk idle-up AC, power steering, dashpot dan lainnya. Kebocoran pada selang vakum biasanya hanya menyebabkan rpm tidak stabil dan naik turun. Namun, pada kondisi yang parah, bisa jadi hal ini juga menyebabkan gejala brebet pada mesin. Solusinya, periksa selang vakum satu persatu dan pastikan tidak terjadi kebocoran.

Nah,itu dia penyebab dan cara mengatasi mobil zebra yang brebet semoga bermanfat

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here