Siapapun pasti akan jengkel jika mobil yang mereka kendarai tiba-tiba mogok. Tidak peduli sekuat apapun kita mencoba untuk menyalakan starter, mobil tetap tidak menyala. Sebenarnya mobil yang mogok bukanlah satu-satunya masalah yang dialami oleh pengendara mobil.

Penyebab Mobil Zebra Sering Mogok

Masalah lain yang mungkin terjadi misalnya  setir mobil bergetar saat direm, penyebab rem mobil blong, rem cakram mobil panas, penyebab rem tromol macet, penyebab rem depan mobil lengket dan lainnya. Namun tetap saja, mobil yang mogok bisa menjadi masalah besar karena pengemudi akan bingung untuk membawa kembali mobilnya ke rumah.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan mobil mogok secara mendadak.

  1. Baterai yang Mati

Baterai mati adalah penyebab pertama mobil mogok mendadak. Jika baterainya lemah atau tidak benar-benar mati, kemungkinan hanya starternya saja yang menjadi lambat.

Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi baterai yang mati adalah dengan memeriksa sambungan baterai atau battery terminal.

  1. Starter Mobil

Starter yang buruk dapat mengelabui pengemudi mobil yang menganggap mogok disebabkan oleh baterai yang mati. Suara yang dihasilkan oleh starter yang buruk “GR-GR-GR” mirip dengan suara yang dihasilkan oleh baterai yang lemah. Starter yang buruk akan berputar dengan lamban dan menarik banyak daya baterai sehingga persediaan baterai tidak akan cukup. Jika starter sama sekali tidak bisa menyala, maka solenoidnya yang bermasalah atau saklar pembakarannya (ignition switch).

3. Kunci Ban (Wheel Lock)

Sebagai salah satu perangkat anti maling, kunci ban atau wheel lock akan mulai mengunci ketika kunci starter dicabut. Terkadang ban mobil bergerak berlawanan dengan locking pawl, sehingga dapat menghambat kunci dalam menyalakan starter. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk menggoyangkan setir mobil ke kiri dan ke kanan sambil menyalakan mesin mobil.

4. Bahan Bakar

Bahan bakar yang nyaris habis atau bahkan habis sama sekali juga dapat menyebabkan mobil mogok. Solusinya adalah dengan mengisi bahan bakar mobil Anda di pom bensin terdekat. Jika Anda merasa mobil berjalan dengan tersendat-sendat padahal gas sudah diinjak dengan kecepatan yang konstan, maka Anda patut waspada bahwa bahan bakar mobil akan segera habis.

5. Pompa Bahan Bakar

Penyebab Mobil Mogok Mendadak juga bisa karena pompa bahan bakar yang lemah. Meskipun tangki bahan bakar terisi penuh, pompa bahan bakar yang lemah dapat menghambat bahan bakar sampai ke mesin.

Itulah tadi penjelasan mengenai Penyebab Mobil Mogok Mendadak. Jika mobil Anda tiba-tiba mogok, jangan khawatir. Karena ada cara memperbaiki mobil mogok yang dapat dipelajari oleh setiap pengemudi mobil. Namun tetap saja, membawa mobil yang mogok ke tempat reparasi yang terpercaya adalah pilihan yang terbaik. Semoga bermanfaat ^^

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here