Faktor perilaku pengemudi menjadi salah satu penyebab kerusakan transmisi mobil, tak terkecuali yang berjenis matik. Terkadang pengemudi tidak menyadari bahwa yang dilakukannya tersebut bisa menyebabkan kerusakan.

Pada dasarnya perawatan transmisi matik lebih mudah dari manual. Hal mendasar yang tidak bisa ditawar-tawar adalah mengganti oli transmisi secara rutin. Jika penggantian oli secara rutin diabaikan, bisa memicu kerusakan pada beberapa komponen. Karena itulah, pemilik banyak menilai perawatan matik mahal dan sulit.

Oli transmisi matik penting untuk melumasi gigi transmisi pada gearbox. Oleh karena itu, oli transmisi biasanya memiliki SAE atau tingkat kekentalan lebih tinggi dibanding oli mesin.

Kekeringan transmisi bisa juga diakibatkan oleh kebocoran. Hal ini bisa diketahui dari adanya rembesan oli pada beberapa bagian. Oleh karena itu, memeriksa bagian penting saluran oli tak kalah pentingnya.

Bagian tersebut yakni baut tap pengisian dan pembuangan oli. Kondisi baut bisa tidak rapat atau retak. Kondisi lain bisa diakibatkan bocornya seal inner shaft pada bagian as roda depan yang tedapat di kiri dan kanan. Kemungkinan lain oli bocor akibat retaknya bak transmisi disebabkan benturan.

Guna menjaga kerusakan berlanjut, periksa kondisi transmisi setiap pekan, dan patuhi penggantian oli secara rutin setiap 20 ribu kilometer.

Dibawah ini kami akan memberikan tips kepada anda bagaimana cara mengatasi oli mobil yang bocor yang bisa anda aplikasikan tidak hanya pada mobil matic anda tapi juga mobil jenis lainya

  1. Seal oli yang rusak / pecah

Gambar terkait

Penyebab oli motor atau mobil matic bocor  yang pertama adalah rusaknya bagian seal oli motor kita. Seal oli berfungsi sebagai penyumbat ataupun perapat dari wadah oli agar si oli tidak rembes masuk ke mesin ataupun keluar dari tanki oli. Biasanya seal oli rusak karena beberapa hal seperti umur dari motor sudah di atas 10 tahun atau juga karena beberapa faktor lainnya.

Cara mengatasinya apabila kalian punya cukup budget untuk mengganti seal oli , akan lebih baik seal oli yang sudah tidak rapat lagi ataupun rusak di ganti dengan yang baru. Akan tetapi apabila kalian tidak cukup budget bisa dengan cara memperbaikinya. Apabila kerusakan si seal oli tidak terlalu parah bisa dengan cara sedikit memanaskan seal oli agar sedikit mengkerut yang membuat si seal oli akan mencengkram kembali batasan  ruang oli. atau juga bisa dengan menambahkan sealer atau lem perekat agar leibih kuat.

  1. Volume oli

Gambar terkait

Penyebab oli motor atau mobil matic bocor  yang kedua adalah terlalu banyaknya volume atau kapasitas oli yang di anjurkan. Memang problem ini tidak terlalu sering terjadi apabila kita mengganti oli mesin kita di bengkel resmi yang di sediakan oleh produsen motor kita , akan tetapi apabila kita mengisi bensin sendiri atau mengisi bensin di tempat yang bukan tempat yang di sediakan oleh produsen motor kita akan membuat si takaran oli kita bisa berlebihan dan membuat volume si oli di dalam tanki oli akan over .Cara mengatasinya hanya ada satu cara yaitu dengan mengganti oli yang sudah bocor dengan oli baru dan yang sudah di pastikan soal takaran yang sesuai dengan porsi motor kita.

  1. Komponen As

Penyebab oli motor atau mobil  matic bocor yang ke tiga adalah soal beberapa komponen as motor kita. Penyebab oli motor matic bocor karena komponen as ini bisa terjadi biasanya di karenakan faktor spare part yang sudah aus atau memang sudah umurnya harus di ganti.

Faktor ausna komponen as akan berakibat pada tidak pasnya seal oli ataupun longgarnya si seal oli. Cara mengatasinya sudah bisa di pastikan harus di ganti beberapa part yang memang sudah aus demi menaga performa mesin dan juga tidka rembesnya kembali si oli ke dalam mesin. Atau juga bisa dengan cara memotongan letak pegas atau per oli seal supaya makin memiliki daya cengkaram yang lebih kuat atau maksimal.

  1. Packing mesin yang sudah hancur

Penyebab oli motor atau mobil matic bocor yang kali ini biasanya akan keluar rembesan oli di antara sela-sela mesin motor. Memang kasus ini terbilang jarang karena apabila packing mesin yang hancur / aus biasanya terdapat pada mesin-mesin motor jaman dahulu atau mesin motor yang tidak terawat dengan baik. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan  apabila motor -motor baru yang sengaja di modifikasi dan mengikuti Tips Membuat Motor Kencang Dengan Biaya Murah tapi salah akan membuat packing mesin bocor.

Cara Mengatasiya hanya ada satu cara yaitu mengganti packing mesin motor atau mobil asli dari bawaan  itu sendiri . Usahakan pakai produk asli dari bawaan motor karena jika menggunakan non original di khawatirkan packing mesin tidak akan bertahan lama.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here