Hasil gambar untuk mobil matic

Mobil matic merupakan salah satu kendaraan yang difavoritkan oleh masyarakat. Hal tersebut tidak lepas dari kemudahan dalam mengoperasikannya. Selain itu di jaman sekarang berbagai fitur pendukung juga disematkan untuk menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang saat berkendara. Namun bagaimana jika mengalami rem blong pada Mobil matic. Banyak mitos yang sering terdengar, bahwa Mobil matic saat sistem pengeremannya bermasalah tidak bisa dihentikan. Anggapan mengenai rem blong tidak bisa berhenti ternyata salah. Kebenarannya Mobil matic terbilang hampir sama dengan transmisi manual. Hanya saja kemudahan lebih diberikan saat mengoperasikan jenis Mobil ini. Seperti yang kita tahu bahwa jika terjadi rem blong akan membuat panik pengemudi. Padahal supaya bisa mengatasi masalah rem blong pada Mobil maticmembutuhkan ketenangan. Bayangan yang sering muncul ketika mengalaminya biasanya adalah kecelakaan.

Bayangan pada pengemudi harus dihilangkan, supaya bisa berfikir jernih dan mengendalikan mobilnya agar bisa berhenti. Nah bagi Anda yang masih belum mengetahui cara mengatasi rem blong pada Mobil matic bisa melihat tips dan langkahnya di bawah ini.

Mengatasi rem blong pada Mobil matic

Adapun langkah pertama saat mengetahui bahwa rem pada Mobil ternyata bermasalah atau tidak dapat berfungsi adalah menyalakan lampu hazard. Adapun fungsinya adalah untuk memberikan kode atau tanda pada pengendara lain bahwa Mobil sedang mengalami masalah yang serius. Dengan begitu pengendara lain akan memberikan jalan atau menghindar dari Mobil Anda. Akan tetapi sebenarnya yang paling penting adalah kondisi tubuh pengemudi. Berusahalah supaya tidak panik dan mengambil langkah tepat untuk mengatasi rem blong pada Mobil matic. Langkah selanjutnya jika lampu hazard sudah menyala adalah memindahkan tuas transmisi pada Mobil Anda dari posisi “D” ke posisi 2 atau “S”. Jika posisinya sudah di S, maka Mobil Anda akan mulai melambat walaupun hanya sedikit. Meskipun begitu keadaan Mobil akan terus melaju apalagi di jalanan yang menurun.

Adapun langkah selanjutnya adalah dengan memindahkan tuas pada posisi L atau gigi terendah yang dimiliki oleh Mobil matic. Seperti misalnya pada Mobil manual adalah gigi 1. Jika posisi tuas sudah di L maka Mobil akan melaju dengan perlahan. Namun jika di posisi jalan menurun Mobil akan terus melaju. Tips selanjutnya untuk mengatasi rem blong pada Mobil matic adalah dengan menarik tuas rem tangan pada Mobil. Untuk melakukannya dilakukan secara perlahan, tujuannya adalah supaya Mobil tidak terpanting karena pengereman mendadak dengan rem tangan. Lakukanlah dengan pelan sampai Mobil dapat berhenti dan pinggirkan Mobil Anda.

Mungkin apabila rem blong pada Mobil matic terjadi di jalan yang lurus akan lebih mudah dalam melakukan tips di atas. Meskipun begitu untuk melakukannya di turunan juga bisa dilakukan apabila tahapan demi tahapan dikerjakan dengan benar. Poin penting dalam hal ini adalah ketenangan dalam berkendara dan mengetahui apa yang harus dilakukan. Percuma bukan jika hati sudah tenang tapi bingung mau ngapain.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here