Fungsi dan penyebab water pump Bocor

Fungsi utama dari water pump atau pompa air didalam sistem pendinginan mesin ialah sebagai alat pemompa dan mensirkulasikan air panas dari dalam mesin menuju ke radiator, dan juga sebaliknya menghisap air yang telah didinginkan dari dalam radiator dan dimasukkan kedalam mesin agar suhu mesin tetap terjaga dibawah titik didih yang bisa menyebabkan overheat.

Pompa air ini termasuk komponen yang gampang sekali rusak, terutama jika anda menggunakan cairan air radiator sembarangan seperti memakai air sumur atau air yang mengandung bahan organik penyebab karat sehingga didalam komponen pompa air ini timbul karat dan merusak kipas pompa air.

Pompa air yang telah berkarat akan menurun kemampuannya dalam mensirkulasikan air pendinginan mesin atau bahkan hilang sama sekali, sehingga resiko mesin mobil overheat semakin besar. Seperti kasus yang pernah penulis alami sesuai gambar diatas, sebuah pompa air mobil Isuzu Panther yang telah rusak karena karat dan tidak mampu lagi memompa air dengan debit yang seharusnya sehingga mesin pun terjadi overheat.

Maka dari itu agar tidak terjadi kerusakan pada komponen water pump ini maka lakukan perawatan pada sistem pendinginan mesin dengan sebaik mungkin, terutama untuk cairan pendingin, jangan sekali kali menggunakan air sembarangan. Gunakanlah air khusus radiator agar tidak terjadi karatan didalam saluran sistem pendinginan mesin. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan.

Kerusakan Pada Water Pump

Kerusakan yang sering terjadi pada waterpump biasanya rusaknya seal water pump yang menyebabkan air pendingin bocor, water pump mengeluarkan suara berisik karena bearing yang rusak, dan baling-baling water pump rusak atau mengalami keausan.

Saat terjadi kebocoaran dari seal water pump maka air pendingin akan keluar dari mesin, jika kebocoran ini tidak segera diperbaiki maka dapat menyebabkan problem overheat pada mesin. Biasanya pengemudi tidak menyadari hal tersebut sampai jarum penunjuk temperatur menunjukkan mesin over heat atau lampu indikator temperatur menyala. Segera matikan mesin saat mesin mengalami overheat, jika mesin yang overheat tetap dipaksakan untuk beroperasi maka dapat menimbulkan kerusakan yang parah pada mesin.

Periksa semua komponen sistem pendingin (radiator, selang, water pump dll) apabila mesi pernah mengalami overheat. Jika terlihat tanda kebocoaran water pump melalui shaft atau lubang ventilasi, gantilah segera water pump.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here