Wiper berdecit dan mengeluarkan bunyi seperti burung mencicit kerap ditemui pemilik mobil. Selain menggangu, problem ini bisa menyebabkan kaca tergores dan rusak.

 

Penyebab wiper bunyi

  • Sebab pertama adalah wiper sudah aus atau rusak karena usia pakai. Usia normal wiper adalah satu tahun. Tapi dengan kondisi panas menyengat dan mobil sering di parkir tanpa atap, usia wiper bisa lebih pendek.Karena karet wiper menjadi keras dan getas. Karena keras makanya tak mampu membersihkan air di kaca dan tak lagi menempel mengikuti kontur kaca. Sehingga, menimbulkan bunyi tak normal. Solusinya, segera ganti dengan yang baru.
  • Penyebab kedua adalah wiper cacat produksi. baru tak menjamin  bebas dari masalah. Biasanya tangkai wiper tidak presisi dan bengkok.Otomatis tekanan karet pun tidak merata. “Sebagian menyentuh kaca,tapi sebagian terangkat. Inilah yang membuat wiper jadi bunyi,” tegas pria keturunan Arab ini.
  • Penyebab ketiga adalah karet kotor. Kerap dijumpai banyak penumpukan kotoran di karet. Bila dibiarkan akan berubah menjadi kerak. Kerak kotoran beradu dengan kaca inilah yang menimbulkan bunyi. Solusinya, bersihkan dengan air sabun atau air hangat. Bisa diusap dengan air sabun. Tapi, bila kerak kotoran sudah cukup membandel, bersihkan dengan air panas agar kerak melunak.

Cara Membersihkan Karet Wiper Mobil Agar Tidak Berdecit dengan Aman

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, salah satu penyebab kaca mobil berdecit adalah debu atau kotoran yang menumpuk. Untuk menghilangkan bunyi tersebut Anda dapat membersihkan wiper agar tidak ada lagi kotoran dan debu yang menumpuk.

Namun, yang perlu diingat adalah bersihkanlah kaca mobil secara aman dan tidak asal untuk menghindari kerusakan. Terdapat beberapa cara membersihkan karet wiper pada kaca mobil berdecit. Berikut adalah cara tersebut.

Cek Kondisi Kaca Jika Mobil Berdecit

Untuk membersihkan wiper kaca mobil Anda, sebaiknya cek terlebih dahulu kondisi wiper. Jika terdapat beberapa kerusakan wiper seperti retak atau karet wiper yang sudah lapuk sebaiknya gantilah karet wiper tersebut.

Hindari Menggosok Karet Wiper

Untuk membersihkan karet wiper kaca mobil Anda secara aman, sebaiknya hindarilah menggosok karet wiper secara sering. Menggosok karet wiper dengan sering hanya akan membuat lapisan pelindung atau pelembab terkikis dan membuat karet wiper kaca mobil berdecit.

Menggunakan Cairan Khusus atau Wiper Fluid

anda juga dapat menggunakan cairan khusus atau wiper fluid. Kelebihan wiper fluid dibandingkan dengan air biasa adalah wiper fluid memiliki kandungan sabun yang dapat membuat kaca Anda menjadi lebih licin dan lebih jernih.

Menggunakan Cuka dan Baking Soda

Selain menggunakan air bersih dan wiper fluid. Untuk menghilangkan kaca mobil berdecit yang disebabkan oleh karet wiper, Anda juga dapat menghilangkan suara berdecit tersebut dengan menggunakan bahan-bahan lain seperti cuka dan baking soda. Cara membersihkan karet wiper dengan menggunakan bahan tersebut juga cenderung mudah.

Untuk membersihkan kaca dengan cuka Anda hanya perlu mencelupkan cuka pada kain katun, kemudian gosoklah dengan lembut permukaan pada kaca sampai kotoran dan debu tersebut menghilang.

Sedangkan jika menggunakan baking soda Anda hanya perlu menaburkan baking soda pada tisu yang sudah dilembabkan lalu gosoklah permukaan kaca sampai bersih.

Membersihan Karet Wiper Secara Rutin

Karet wiper yang menyebabkan mobil berdecit sebaiknya harus dibersihkan secara rutin atau teratur. Karet wiper yang menyebabkan mobil berdecit dapat disebabkan karena adanya penumpukan kotoran yang sudah lama tidak dibersihkan. Maka dari itu, rutinlah untuk membersihkan dan memeriksa kondisi karet wiper Anda untuk menghindari kaca mobil berdecit tersebut.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here