Salah satu komponen mobil yang memiliki peran penting saat musim hujan yaitu Wiper,wiper tidak berguna pada saat hujan saja, wiper juga bisa difungsikan saat musim kemarau panjang yang banyak terdapat debu dan untuk membersihkan kaca mobil dibantu air yang ada di dalam wiper. Air yang ada di dalam wiper tidak boleh dibiarkan kosong agar bisa bekerja dengan maksimal dan tidak meninggalkan goresan pada kaca mobil. Tanpa adanya air yang ada di dalam wadah wiper, air hujan yang kotor dan debu akan menempel dan susah sekali hilang. Jika wiper dipaksa untuk bekerja, akibatnya kaca mobil akan kotor dan akan membuat pandangan anda terganggu. Untuk itu, anda harus rajin mengecek air yang ada di wadah wiper dan harus rajin merawatnya.

Selain harus memperhatikan perawatan pada air wiper, anda juga harus rajin merawat bagian saluran atau jalur pada wiper. Hal ini bertujuan supaya semprotan wiper tidak lemah dan terganggu kinerjanya. Namun, tetap saja akan ada permasalahan yang timbul

Berikut adalah Penyebab lemahnya semprotan Wiper mobil

Berikut 6 faktor utama  penyebab lemahnya semprotan wiper mobil yang sering terjadi :

Baca juga : Tips perawatan dan manfaat rutinitas tegakkan wiper saat diparkir

  1. Debu

Penyebab pertama yang bisa menyebabkan semprotan air wiper melemah adalah dikarenakan oleh debu yang terdapat di lubang nozzle yang bisa menghalangi air untuk keluar. Tidak hanya itu, debu juga semakin lama akan semakin keras jika sering terkena matahari secara langsung.

  1. Lumut

Lumut juga bisa menjadi penyebab semprotan air wiper melemah saat bekerja. Lumut ini akan mengganggu karena biasanya lumut terdapat di reservoir. Bagian lubang nozzle bisa saja tersumbat dan terhalangi oleh kerak detergen atau lumut. Untuk itu, jangan sekali-kali anda mencampurkan air yang akan dimasukkan di wadah wiper dengan dicampur detergent biasa.

  1. Kehabisan air

Selain bisa disebabkan oleh lumut dan debu atau kotoran, kelalaian anda yang tidak mengisi wadah wiper dengan air juga bisa menjadi pemicu semprotan wiper tidak lancar atau lemah. Hal ini bisa berbahaya karena bisa membuat wadah yang terbuat dari bahan plastik tersebut meleleh. Selain itu, jika dibiarkan terus menerus, kehabisan air dalam wadah wiper juga bisa membahayakan fungsi mesin.

 

 

  1. Kebocoran pada reservoir

 

Yang keempat penyebab dari melemahnya semprotan wiper adalah dikarenakan adanya kebocoran atau selang wiper tidak tersambung dengan baik. Jika terdapat kebocoran di bagian reservior washer, otomatis cairan atau air akan berkurang.

Hal itulah yang akan menyebabkan air tidak keluar untuk membersihkan debu atau kotoran yang ada di kaca mobil. Sedangkan penyebab mengalami kebocoran adalah karena reservoir pecah, dan akan membuat seal motor washer menjadi rusak.

  1. Mampet

Kebocoran yang terdapat pada selang fleksiblenya selang washer yang menghubungkan antara nozzle washer dengan motor washer. Selang tersebut terbuat dari bahan yang fleksible, yang mana jika selang tersebut mampet akan membuat semprotan air tidak akan sampai ke nozel washer. Biasanya, selang fleksibel ini bisa rusak atau bocor karena terlipat atau digigit tikus. Untuk itu anda harus lebih rutin mengecek bagian-bagian tersebut

  1. Rusak

Penyebab yang terakhir dari melemahnya semprotan air wiper adalah bagian nozel washer tersumbat. Nozel washer merupakan bagian yang berfungsi sebagai media untuk menyemprotkan cairan atau air washer ke bagian kaca depan mobil anda. Di bagian nozel washer ini terdapat lubang kecil, dari lubang kecil ini semprotan cairan dari bagian tersebut bisa keluar dan tepat sasaran ke permukaan kaca mobil anda.

Penyebab penyebab diatas kebanyakan dikarenakan kurangnya perawatan dan pembersihan sehingga banyak komponen yang mengalami kerusakan dan aus, namun  tidak dilakukan pergantian. Nah berikut ini beberapa cara memperbaiki wiper mobil yang rusak yang bisa anda lakukan

  1. Wiper Mobil Yang Macet

Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada wiper mobil adalah wiper mobil yang sering kali mengalami kemacetan sehingga tentunya menganggu kerja dari wiper. Nah berikut ini cara memperbaiki wiper mobil yang macet

  • Hal pertama yang perlu anda lakukan saat wiper macet adalah memeriksa bagian kelistrikan atau sekring pada wiper mobil anda. Cek apakah terjadi kerusakan pada sistem kelistrikan atau tidak.
  • Jika kondisi sistem kelistrikan baik, maka anda bisa memeriksa bagian motor penggerak pada wiper mobil.
  • Jika kerusakan dikarenakan adanya kotoran ataupun karat yang menempel pada komponen tersebut, maka lakukan pembersihan dengan segera.
  • Anda bisa memanfaatkan pelumas sehingga poros penggerak dapat bekerja kembali.
  • Jika yang terjadi adalah komponen mengalami kerusakan, maka anda harus segera menggantinya dengan yang baru.
  1. Wiper Mobil Yang Lambat

Salah satu kerusakanlainnya  yang terjadi pada wiper mobil adalahkerja wiper yang lambat sehingga menyebabkan kinerjanya menjadi tidak maksimal. Nah berikut ini cara memperbaiki wiper mobil yang lambat.

  • Cari tahu terlebih dahulu hal apa yang menyebabkan kerja wiper menjadi lambat.
  • Biasanya penyebab wiper mobil menjadi lambat dikarenakan ukuran karet wiper yang tak sesuai dengan standar yang ada, sehingga ukurannya lebih panjang dibandingkan ukuran aslinya. Sehingga wiper terasa berat dan tidak dapat menjalankan sebagaimana fungsinya.
  • Lakukan penggantian pada karet mobil yang sesuai dengan standarnya.
  • Jika setelah penyetabilan kinerja dari wiper mobil tetap lambat, berarti terdapat masalah pada dinamo wiper mobil. Maka akan lebih baik jika membawa mobil anda ke bengkel dinamo.

3.Wiper Yang Bunyi

Terkadang seringkali wiper yang bekerja menimbulkan suara bunyi berdecit yang mana akan sangat menganggu saat berkendara. Banyak hal yang menyebabkan kondisi ini terjadi pada wiper mobil anda

Penyebab pertama bisa dikarenakan wiper yang aus dan rusak. Biasanya ini dikarenakan usia wiper yang memang sudah tua. Usia normal dari wiper mobil adalah satu tahun pemakaian. Namun mobil yang sering diparkirkan dalam kondisi yang terik akan membuat usia wiper menjadi lebih pendek.

Kebiasaan seperti ini akan membuat karet wiper menjadi cepat keras sehingga tak mampu membersihkan air dengan maksimal dan tentunya mengeluarkan bunyi berdecit yang menganggu. Untuk mengatasi hal ini maka anda harus mengganti karet wiper dengan yang baru.

Penyebab kedua bisa terjadi karena kondisi wiper yang cacat produksi, sehingga menyebabkan posisi tangkai wiper bengkok dan tidak presisi. Hal ini lah yang menyebakan tekanan dari karet tidak merata sehingga menimbulkan bunyi berdecit. Jika kondisi seperti ini, maka cara mengatasinya adalah dengan membawa ke bengkel dan melakukan penyetelan ulang pada wiper mobil anda

Penyebab lainnya adalah karena kondisi karet yang kotor. Penumpukan kotoran pada karet akan menimbulkan kerak yang mana dapat menimbulkan bunyi berdecit yang menganggu. Untuk mengatasinya, anda bisa membersihkannya dengan air sabun ataupun air hangat.

Cukup usap karet wiper mobil dengan sabun lalu bilas dengan air bersih. Kemudian keringkan dengan menggunakan lap bersih. Jika kondisi kotoran yang menempel cukup membandel, maka anda bisa menggunakan air panas sampai kerak dapat melunak. Dan kemudian setelah bersih, lap dengan menggunakan kain bersih yang kering

Nah,itu dia penyebab dan cara mengatasi agar mengatasi air wiper yang lemah semoga bermanfat

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here