Penyebab wiper jalan sendiri

Motor wiper memang digerakan oleh listrik, seharusnya wiper baru bisa gerak kalau tuas wiper diaktifkan. Kalau wiper tiba-tiba bergerak sendiri tanpa tuasnya diaktifkan dipastikan terjadi kosleting pada jalur kelistrikannya.

Pemeriksaan bisa dimulai dari tuas pengaktif wiper, kemudian periksa jalur kabel yang menuju motor wiper sekalian dicek kondisi motor wipernya.

Prinsip Dasar Kerja Wiper Pada Mobil

 

Gambar terkait

 

Untuk mengusap atau menyapu atau membersihkan air pada kaca depan (glass windshield) saat hujan, sistem wiper dilengkapi dengan komponen yang disebut blade yang memiliki bahan seperti karet yang mampu mengusap atau menyapu air hujan pada permukaan kaca. Untuk mendukung kerja pergerakan wiper blade yang bolak-balik maka sebuaj sistem wiper dilengkapi dengan sebuah mekanisme wiper.

 

Mekanisme tersebut memanfaatkan sumber tenaga putar dari sebuah motor listrik, motor listrik atau motor wiper ini akan mengubah energi listrik dari baterai menjadi energi gerak berupa gerak putar. Agar gerakan ini dapat diubah menjadi gerak bolak-balik wiper blade, maka diterapkanlah sebuah mekanisme wiper.

Mekanisme wiper menggunakan sebuah crank rod yang akan mengubah gerakan putar motor wiper menjadi gerakan maju mundur atau bolak-balik pada wiper blade. Untuk membagi gerakan maju mundur ini maka dibuatlah rangkaian wiper link yang akan menghubungkan crank rod dengan kedua wiper arm.

Sistem wiper pada mobil biasanya terdapat 3 mode pada saklarnya yaitu mode intermitten, mode low speed, dan mode high speed, berikut penjelasan ketiga mode tersebut:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here