Mengendarai mobil ketika hujan seringkali menjadi hal yang kurang menyenangkan bagi beberapa pengendara. Wiper yang kurang efektif dan suaranya yang mengganggu seringkali menjadi permasalahan utama mengapa mengendarai mobil saat hujan kurang disenangi. Wiper yang tidak bisa bekerja secara efektif bisa mengganggu penglihatan para pengendara dan membahayakan mereka. Penyebab mengapa wiper bekerja kurang efektif cukup banyak.

Para ahli menyatakan, hal pertama yang perlu diperhatikan ketika wiper mulai bekerja kurang efektif adalah lapisan minyak yang ada pada kaca mobil. Setelah mobil dikendarai dalam waktu yang cukup lama, tidak hanya asap dan debu yang ada di udara, tapi minyak yang terdapat pada asap kendaraan dapat dengan mudah menempel pada kaca mobil yang pada akhirnya akan menurunkan daya kerja wiper. Lalu bagaimana caranya kita bisa mengetahui keberadaan minyak yang kurang bersahabat ini di kaca mobil kita? Hal ini bisa diketahui dengan mudah hanya dengan seember air. Basahi kaca mobil dengan air dan perhatikan dengan baik, jika air tersebut mengalir dengan cepat dan meninggalkan bintik-bintik air, hal ini menandakan akan adanya lapisan minyak pada kaca mobil. Hal sebaliknya bisa kita ketahui dengan mudah jika air tersebut mengalir dengan lambat dan meninggalkan jejak air. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi lapisan minyak yang ada pada kaca?

Hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari wiper dari kurasakan

  • Pertama-tama, basahi kaca dengan air bersih. Kemudian ambil sebuah spons dan tambahkan sabun pembersih minyak ke atas spons dan bersihkan kaca dengan spons tersebut. Ketika membersihkan kaca dengan spons, lakukan dengan gerakan memutar seperti pada gambar. Hal ini akan menghilangkan minyak berlebih, debu, dan lapisan pelindung kaca yang sudah lama. Setelah itu lanjutkan dengan menyiramkan air sampai bersih. Setelah semuanya selesai dilakukan, air yang tersisa pada kaca akan mengalir (tidak akan meninggalkan bintik-bintik air). Setelah itu keringkan dengan lap kering sampai bersih
  • Setelah membersihkan kaca, hal berikutnya yang perlu diperiksa adalahwiper. Kalau lapisan karet yang ada pada wiper mulai mengeras, hal ini menandakan bahwa wiper sudah digunakan cukup lama. Hal ini bisa diatasi dengan cara membersihkan kotoran yang ada pada wiper dengan sebuah lap bersih. Setelah semuanya selesai dilakukan, tambahkan sedikit pelumas khusus pada karet wiper untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • jika kaca mobil danwiper sudah selesai dibersihkan namun wiper masih terlihat kurang stabil, periksa apakah posisi wiper sudah benar. Jika posisi wiper kurang tepat, hal ini mudah dibetulkan dengan membetulkan posisinya secara perlahan dengan kunci inggris. Setelah hal ini dilakukan, periksa apakah keadaannya semakin baik. Jika kondisinya tetap tidak berubah, hal ini mungkin disebabkan oleh tekanan yang terlalu tinggi antara wiper dengan kaca. Kesulitan ini bisa diatasi dengan menggunakan obeng atau tang sampai pada posisi yang diinginkan. Jangan mengatur posisi wiper terlalu jauh pada kaca karena hal ini akan membuat wiper tidak bisa berfungsi dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here