Bahan bakar merupakan bahan yang biasa digunakan baik itu mobil mau pun motor, untuk mobil biasanya memiliki bahan bakar yang sudah dirancang sesuai jenisnya, contohnya mobil dengan mesin diesel dan juga mobil dengan mesin bensin atau premium.

Bahan bakar minyak di zaman sekarang ini memang sudah berubah fungsinya. Yang sebelumnya hanyalah sebagai kebutuhan sekunder, sekarang ini berubah menjadi kebutuhan primer. Mengingat kendaraan umum yang ada memang kurang memadai dan kurang nyaman. Jadi banyak orang yang lebih memilih kendaraan pribadi seperti halnya motor dan juga mobil. Terlebih lagi untuk memilikinya pun tidak sulit karena bisa diangsur.

Sudah jelas kalau mobil diesel bahan bakarnya menggunakan solar dan mobil mesin bahan bakarnya menggunakan bensin atau premium. Namun dari 2 jenis bahan bakar ini, keduanya memiliki perbedaan yang mencolok baik itu dari segi ketahanan mesin kekuatan maupun polusi yang dihasilkan. cara merawat tangki bahan bakar mobil dari keduanya wajib anda perhatikan agar bisa bekerja dengan baik.

Perbedaan Antara Solar dan Premium

Baiklah pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai perbedaan yang paling mencolok pada bensin dam solar. Berikut adalah perbedaan yang mencolok pada mobil dengan menggunakan solar dan premium :

1. Solar atau Premium

Solar sejatinya lebih aman dibandingkan premium, karena solar tidak seperti premium yang tahan terhadap panas. Api pun tidak langsung menyambar seperti layaknya bensin. Keuntungan lain dari penggunaan solar yaitu tidak menghasilkan uap sebanyak bensin, sehingga mengurangi kemungkinan terbakar akibat panas.

2. Kekuatan

Perbedaan mobil solar dan premium yang kedua ialah dari segi kekuatan. Dilihat dari segi kekuatan, mobil dengan menggunakan solar sudah dipastikan lebih kuat dibanding dengan mobil yang menggunakan bensin. Ini dikarenakan mobil dengan menggunakan solar menggunakan konstruksi komponen mesin mobil yang lebih kuat dan juga kompresinya lebih tinggi dibandingkan dengan mobil bensin, ditambah lagi tranmisi pada mobil solar dirancang agar mesin diesel lebih memiliki kekuatan yang sangat kuat.

3. Kecepatan

Perbedaan mobil solar dan premium yang ketiga ialah dari segi kecepatan. Kalo perbandingan dari segi kecepatan, ini berbanding terbalik dengan kekuatan. Kecepatan mobil dengan menggunakan bensin atau premium lebih cepat dibandingkan dengan mobil menggunakan solar. Namun jika diajak naik gunung kecepatan mobil bensin akan kalah dengan mobil solar itu karena mobil diesel torsinya lebih besar dan mekanisme pemindah dayanya berbeda.

4. Harga

Perbedaan mobil solar dan premium yang keempat ialah dari segi harga. Jika ditanya masalah harga, sudah pasti mobil yang menggunakan diesel lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil bensin itu dikarenakan mobil diesel konstruksi dirancang lebih kuat dan juga lebih besar daripada mobil mesin.

5. Gas Buang

Perbedaan mobil solar dan premium yang kelima ialah gas buang. Bila dilihat dari gas buang, tergantung dari apa penggunaan bahan bakarnya. Jika dilihat dari urutannya solar berada pada urutan di bawah minyak tanah dan bensin. Dengan kata lain, dari segi kualitasnya saja bensin lebih uggul 2 tingkat jika dibandingkan solar, maka gas buangnya pun begitu.

Gas buang pada mobil diesel lebih berpolusi dibandingkan dengan mobil bensin, tetapi keduanya memiliki standarisasi masalah emisi gas buang. Gas buang pada mobil solar berwarna hitam pekat dan partikulat yang terkandung di dalamnya pun lebih banyak.

6. Dari Segi Perawatan

Perbedaan mobil solar dan premium yang keenam ialah dari segi perawatan. Dari segi perawatan, perawatan mobil diesel lebih sedikit perawatannya dibandingkan dengan perawatan mobil bensin. Namun saat ini mobil bensin sudah menggunakan sistem injeksi dimana perawatannya pun lebih sedikit. Nah, kalau untuk perawatan mungkin keduanya sama yaitu tergolong mudah.

7. Dari Segi Suaranya

Sudah jelas ya sobat jika dilihat dari segi fisik seperti halnya suara yang dihasilkan antara keduanya, mobil berbahan bakar premium lebih halus dibandingkan dengan mobil berbahan bakar solar yang berisik. Hal ini diakibatkan karena diesel memang mempunyai ciri khas berisik.

8. Dari Segi Baunya

Mobil berbahan bakar premium lebih menghasilkan bau yang menyengat dibandingkan dengan mobil berbahan bakar solar. Pasti anda juga sudah tidak asing lagi ya sobat dengan poin yang satu ini. Karena sehari – hari pasti anda sering mengalaminya sendiri.

Kesimpulan

Nah bisa diambil kesimpulan dari poin – poin di atas yang sudah dibahas, bahwasannya ternyata antara mobil berbahan bakar solar dan mobil berbahan bakar premium mempunyai kekurangan serta kelebihan masing – masing yang menjadi ciri khasnya.

Jadi jika anda mempunyai rencana untuk membeli mobil, pilihlah sesuai dengan kebutuhan anda dan yang paling ramah lingkungan serta pastinya menguntungkan. cara membuat mobil irit bahan bakar juga bisa anda coba untuk membantu menghemat pengeluaran anda tentunya.

Itu saja penjelasan mengenai perbedaan mobil solar dan premium. Cukup sekian artikel yang saya bagikan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat. Selamat membaca dan sampai jumpa lagi di lain artikel. Jangan lupa untuk terus update perkembangan artikel baru berikutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Salam hangat selalu dari penulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here