Masih membahas seputar otomotif nih guys, bagi sobat semua yang memang pecinta otomotif tentunya sudah familiar akan beberapa jenis komponen yang ada atau yang menyusun suatu prodak atau suatu barang elektronik. Setuju ya sobat. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, ada begitu banyak komponen penyusun dari otomotif tersebut, salah satu diantaranya adalah teromol rem mobil.

Buat sobat semua yang memang gemar otomotif tentunya komponen yang satu ini bukanlah suatu komponen yang asing ya sobat, namun untuk lebih jelasnya mengenai komponen tersebut ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini, karena pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskannya secara rinci buat anda. Yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, secara umum ada dua jenis sistem pengereman yang kita kenal dalam dunia otomotif. Yakni sistem rem cakram dan rem tromol. Adapun yang dimaksud dengan sistem rem cakram adalah sistem rem dengan menggunakan jepitan, sementra tormol ini sendiri menggunakan metode yang lain.

Dari ulasan tersebut, maka bisa kita simpulkan bahwasanya teromol rem mobil merupakan sebuah sistem oengereman pada kendaraan yang menggunakan metode gesekan antara kampas dengan sebuah komponen berbentuk mangkuk.

Ada sebuah perbedaan yang terdapat pada rem cakram dan rem teromol ini, yakni pada arah gesekannnya. Adapun rem cakram memiliki arah gesekan yang saling mendekati ( menjepit ), sehingga pada rem cakram piringan terdapat di tengah dua kampas. Sedangkan pada rem tromol, arah gesekannya saling menjauhi, sehingga tromol yang terhubung dengan roda diletakkan di sisi luar dari dua kampas rem tersebut.

Fungsi Teromol Rem Mobil

Adapun fungsi dari teromol rem mobil tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Sebagai piranti yang berbentuk mangkuk yang berfungsi sebagai media gesekan
Sebagai piranti yang berfungsi untuk perantrana putaran dari roda. Peranta putaran dari roda maksudnya adalah tromol rem ini akan berputar seiringan dengan roda, sehingga ketika tromol rem dihentikan putarannya, maka otomatis roda kendaraan juga akan berhenti putarannya.
Adapun tromol rem ini terbuat dari besi solid, sehingga sat bergesekan dengan kampas rem, tidak akan terjadi keausan. Adapun terjadi keausan itu membutuhkan waktu yang lama yang dikarenan oleh usia dari teromol rme mboil tersebut sudah habis.

Cara Kerja Teromol Rem Mobil

Berikut ini adalah cara kerja dari teromol rem mobil. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, rem tromol bekerja dengan prinsip gesekan. Gesekan ini akan mengubah energi putar pada tormol rem menjadi energi panas. Dengan demikian, putaran roda akan berhenti dan temperature sekitar rem akan meningkat.

Adapun kontruksi rem tromol ini memiliki dua buah kampas rem yang terletak di bagian dalam. Lalu bagian luar kampas rem ini terdapat komponen berbentuk mangkuk yang sering disebut dengan nama tromol rem. Adapun arah gerakan rem tromol tersebut adalah slaing menjauhi, artinya saat rem ditekan maka dua buah kampas rem kan bergerak ke arah luar ( saling menjauhi ).

Gerakan tersebut akan membuat kampas rem menekan permukaan dalam tromol rem, sehingga terjadinya gesekan yang akan menghentikan putaran tromol dan roda. Sehingga terjadilah gesekan yang akan mengentikan putaran tormol pada roda tersebut.

Cara Perawatan Teromol Rem Mobil

Setiap komponen atau barang apapun, sebaiknya harus dilakukan perawatan secar berkala, begitupun dengan teromol rem mobil tersebut. Berikut ini adalah cara perawatan rem tromol mobil:

Lakukan penggantian minyak rem secara berkala sesuai dengan waktunya, sehingga teromol rem mobil anda akan awet.
Lakukan pengecekan secara menyeluruh kesemua bagian, seperti selang, piringan cakram, rumah tromol, caliper, dan whee cylinder . Hal ini dimaksudkan agar pada saat terjadi kerusakan, maka sudah bisa dilakukan perbaikan sejak dini.
Lakukan pembersihan secara penyeluruh pada semua komponen yang tadi anda cek diatas, agar tidak terjadi penumpukan kotoran yang dapat mengganggu fungsi dari teromom rem mobil tersebut.
Apabila pada saat pengecekan anda menemukan suatu keadaan yang tidak normal tau tidak seperti yang seharusnya, sebaiknya anda membawa mobil anda ke bengkel resmi untuk diadakan perbaikan oleh ahlinya.
Hanya sebagai tambahan informasi aja nih sobat, teromol rem mobil ini dinaggap lebih unggul dari jenis yang lainnya, karena memiliki beberapa kelebihan. Adapun kelebihan yang dimaksud adalah sebagai berikut :

Teromol rem mobil dianggap lebih awet karena memiliki kampas rem yang lebar
Permukaan kampas rem yang lebar, membuat daya pengereman yang kuat serta lembut, sehingga jenis ini coock dipakai apda kendaraan yang berjenis besar.
Lebih bersih ( aman dari kotoran luar ) karena sistem ini bersifat tertutup

Oke sobat semua, sekian informasi yang bisa penulis sajikan mengenai teromol rem mobil yang bisa penulis sajikan buat sobat semua. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here