Bahan Bakar Minyak (BBM) termasuk ke dalam kebutuhan primer bagi sebuah kendaraan. Sebagai bahan bakar yang tidak dapat diperbahurui tentunya harga bahan bakar terus meningkat setiap waktunya. Maka sebagai pengguna kendaraan mobil tentu anda akan mencari cara bagaimana menghemat penggunaan BBM.

Tips Cara Bikin Mobil Irit BBM Dengan Mudah

Dibawah ini terdapat beberapa Cara Menghemat BBM Mobil yang dapat anda gunakan untuk menghemat BBM mobil anda. Berikut beberapa penjelasannya :

1. Rutinlah Melakukan Tune Up

Mesin mobil yang rutin dilakukan tune up, akan membuat peforma mobil yang maksimal. Jika performa mesin maksimal, sudah tentu hal tersebut akan berpengaruh terhadap pemakaian bahan bakar anda tentunya. Maka lakukanlah Tune Up secara teratur.

2. Perhatikan Kondisi Ban Kendaraan

Cara merawat ban mobil salah satunya dengan memastikan memompa ban anda dengan benar dan tepat, ban kendaraan yang dipompa dengan standar angin yang tepat dapat mengurangi pemakaian jumlah bahan bakar sebanyak 3%. Tekanan ban anda akan berkurang 1 PSI setiap bulannya.
Pada kondisi ban dingin pun, tekanan ban juga dapat berkurang, karena tekanan ban tentunya dipengaruhi oleh cuaca iklim disekitarnya. Jadi untuk itu pastikan anda memperhatikan kondisi ban anda sebelum menggunakan kendaraan anda.

3. Perhatikan Jumlah Beban Mobil Anda

Cara yang paling mudah untuk kita lakukan dalam hal menghemat bahan bakar adalah dengan cara tidak memberikan matan yang terlalu berat apalagi di luar kapasitas mobil anda.
Hal ini berpengaruh karena beban mobil dapat menjadi penyebab utama peningkatan pemakaian bahan bakar karena beban yang berat tersebut dapat menghilangkan energi kinetik pada mobil non hybrid. Mobil boros bbm akan terjadi jika beban melebihi standart yang telah ditetapkan.

4. Pemilihan Oli

Oli sintesis akan menghemat pemakaian bahan bakar. Dengan memakai oli sintetik akan dapat menghemat pemakaian bahan bakar anda mencapai 15% bila diikuti sesuai dengan petunjuk.

5. Hindari pemakaian AC saat jalanan macet

Cobalah untuk mengurangi pemakaian AC pada saat anda terjebak dalam kemacetan. Hal ini dikarenakan ketika AC dinyalakan terus menerus makan akan memperberat kerja mesin dan akan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak.

6. Kurangi kecepatan mobil

Lebih baik bila anda mengurangi kecepatan mobil anda.Jika mobil anda lebih cepat bergerak maka kinerja mesin akan lebih berat lagi untuk membelah angin. Hal tersebut dapat menaikkan pemakaian bahan bakar mencapai 33%.

7. Hindari banyak mengerem

Jika anda terlalu sering melakukan pengereman maka akan membuang energi yang baru dibakar oleh bahan bakar anda. Apalagi jika anda menambah kecepatan mobil setelah anda mengerem tentunya hal tersebut semakin membuat boros pemakaian bahan bakar anda. Coba untuk tidak mengerem terlalu banyak dan kurangi kecepatan secara bertahap.

8. Hindari mobil berhenti lama dengan kondisi mesin menyala

Apabila mobil anda berhenti lebih dari satu menit makan tidak ada salahnya untuk mematikan mesin anda untuk menghemat pemakaian bahan bakar anda. Untuk mobil baru, anda hanya perlu memanaskan selama beberapa menit saja sebelum anda gunakan.

Nah, itulah tadi 8 Tips Cara Biar Mobil Irit BBM Dengan Mudah. Jangan lupa selalu mengecek mobil anda sebelum berpergian dan rajin-rajinlah membawa mobil anda kebengkel yang anda oercayai. Semoga bermanfaat ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here