AC atau Air Conditioner adalah salah satu komponen paling penting yang ada pada mobil. Kenapa paling penting karena fungsi dari AC sendiri ini sebagai pendingin di dalam mobil atau bisa juga untuk menghilangkan kabut pada kaca mobil yang menghalangi penglihatan pengendara saat mengemudi. Untuk itu kita harus menjaga AC mobil dengan baik agar sistem pendingin berjalan dengan optimal.

Komponen AC Pada Mobil

Berikut ini adalah komponen dalam AC dan fungsinya yang wajib diketahui, yaitu:

Kompresor. Fungsi dari kompresor adalah untuk menghisap gas freon dari evaporator, lalu memompanya ke kondensor melalui saluran sirkulasi. Tidak ada salahnya anda mengetahui cara memperbaiki kompresor ac mobil jika sewaktu – waktu terjadi masalah.
Kondensor. Fungsinya adalah untuk mengubah gas freon menjadi zat cair.
Receiver Dryer. Fungsinya adalah untuk menyaring gas freon jika ada kotoran yang masuk.
Ekspansi Valve. Fungsinya adalah untuk mengaliri freon cair dari receiver dryer ke evaporator.
Evaporator. Fungsinya adalah menghembuskan angin yang dingin dari blower.
Heater. Fungsinya adalah memanaskan angin yang dihembuskan blower.
Cara Kerja AC Pada Mobil

Setelah mengetahui komponennya, berikut adalah cara kerja AC pada mobil, yaitu:

Kompresor akan berputar menghisap gas freon, kemudian memompanya ke kondensor dalam temperature yang tinggi.

  • Kondensor mengubah gas freon tadi menjadi zat cair yang akan melewati receiver dryer.
  • Freon cair akan mengalir ke ekspansi valve dan dikabutkan oleh evaporator.
  • Evaporator akan menghembuskan angin yang dingin dari AC.
  • Freon kembali dihisap oleh kompresor dan seterusnya.

Karena siklus AC mobil itu rumit, maka perlu perawatan AC yang tepat agar tidak terjadi masalah pada AC mobil anda. Karena dalam beberapa kasus, tidak sedikit orang yang merasa AC mobil mereka bermasalah. Contohnya AC yang tidak sejuk atau dingin dan mengeluarkan bau yang kurang sedap di dalam mobil.

Bayangkan saja jika masalah tersebut terjadi, pasti sangat mengganggu pengendara mobil apalagi dengan kondisi cuaca ekstrim seperti sekarang ini yang memaksa kita butuh AC dengan kondisi yang baik dan sejuk. Untuk itu mari kita pelajari penyebab AC mobil kita bermasalah

AC Mobil Tidak Dingin

Masalah AC mobil yang tidak dingin adalah masalah utama pengendara mobil. Banyak yang mengeluh kalua AC mobil mereka tidak dingin, saat dibawa ke bengkel terkadang selalu diinformasikan kalau gas freon habis dan hanya diisi ulang saja.

Padahal freon bisa bertahan dalam waktu yang lama, jika freon cepat habis, penyebab freon ac mobil cepat habis berarti ada kerusakan pada pendingin kita seperti kebocoran pada selang pipa AC, kerusakan pada evaporator atau bisa juga pada komponen kompresor. cara mengisi freon ac mobil bisa anda lakukan secara mandiri karena sebenarnya memang mudah.

AC Mobil Mengeluarkan Bau

Pada dasarnya AC mobil tidak mengeluarkan bau yang kurang sedap. Tetapi banyak pengendara mobil yang mengatakan kalau mobilnya berbau kurang sedap. Jika ini terjadi pada mobil anda, mungkin ada beberapa penyebabnya seperti penggunaan pengharum mobil yang asal-asalan, kotoran dan debu yang menempel dalam kabin karena seringnya pengendara berkendara dengan membuka jendela yang menyebabkan tumbuhnya jamur pada evaporator dan menjadi penyebab bau apek dan kurang sedap.

Tips Merawat AC Mobil Yang Benar

Sudah tahu penyebab kenapa AC mobil bermasalah, dan anda pasti tidak ingin jika AC mobil anda mengalami masalah yang serupa seperti di atas. Oleh karena itu kami akan memberikan tips pemakaian AC mobil yang benar, agar AC mobil anda tetap dingin, terawat, bagus dan kinerjanya optimal. Untuk itu simak baik-baik ya tips dibawah ini.

1. Pahami Fungsi Tombol Pengaturan Pada Panel AC Mobil

Tips merawat AC mobil yang benar pertama ialah dengan mengatur panel ac mobil. Pengaturan yang baik akan menghasilkan kinerja maksimal sehingga menghasilkan dingin yang maksimal. Gunakan angin dalam agar sirkulasinya cepat dan baik. Pada pengaturan speed blower atau kecepatan putar kipas AC mobil gunakanlah pada posisi satu dan dua saja karena akan terasa lebih dingin daripada menggunakan angin kencang.

2. Mengerti Fungsi Thermostat

Tips merawat AC mobil yang benar kedua ialah mengerti fungsi thermostat. Termostat adalah alat untuk mengukur temperatur suhu jika dingin sudah mencapai titik tertentu yang kita atur maka thermostat akan menghentikan sementara kerja kompresor pada AC mobil. Fungsi thermostat sangat penting untuk mengatur kerja kompresor, karena jika gagal berfungsi maka kompresor akan jadi cepat rusak. Selanjutnya cara menyetel thermostat ac mobil juga wajib anda perhatikan ya sobat.

3. Gunakan Sesuai Waktu Pemakaian

Apabila anda sedang melakukan perjalanan jauh dan berjam-jam berkendara, sebaiknya atur suhu temperaturAC mobil anda pada posisi separuh jangan pada posisi maksimal hal ini bertujuan agar kompresor tidak bekerja terus menerus dan istirahat sebentar.

Karena jika kompresor bekerja terus menerus akan membuat suhu cepat dingin dan beku pada evaporator sehingga dingin yang dihasilkan tidak maksimal, dan juga bisa meperpendek umur dari kompresor tersebut. Jika terjadi masalah serius, cara memperbaiki kompresor ac mobil harus anda ketahui untuk memberikan penanganan pertama.

4. Jangan Berkendara Dengan Posisi Jendela Terbuka Saat AC Menyala

Saat anda sedang berkendara dan menggunakan ac mobil, pastikan anda menutup jendela yang ada pada mobil kalian hal ini bertujuan agar tidak ada debu dan kotoran dari luar yang masuk kedalam mobil dan terhisap oleh ac mobil anda dan menempel di kabin. Dengan begitu ac anda akan tetap terjaga dan tidak mengeluarkan bau yang kurang sedap.

5. Jangan Merokok Dalam Kondisi AC Menyala

Asap rokok dapat menyebabkan kotoran berlebih pada kabin, sehingga ac mobil akan cepat rusak dan tidak dingin. Hindari merokok di dalam mobil jika ingin ac mobil anda tetap dingin dan terawat.

6. Matikan AC Mobil Terlebih Dahulu

Ketika anda berkendara dan akan sampai pada tujuan, pastikan untuk mematikan ac terlebih dahulu sebelum mematikan mesin mobil, begitu juga saat anda akan menyalakan mesin mobil setelah optimal baru menyalakan ac. Pemakaian yang keliru menyebabkan tegangan sistem kelistrikan pada mobil menjadi tinggi dan tidak stabil hal itu bisa berdampak perlahan kerusakan pada sistem listrik komponen dalam mobil.

7. Nyalakan AC Minimal Sekali Dalam Seminggu

Hal ini mempunyai tujuan untuk mengatur tekanan udara sehingga kompresor bisa bekerja dengan baik. Namun sayangnya banyak orang yang tidak mengetahui dan bahkan memang sengaja mengabaikannya karena kesibukannya bekerja.

8. Jangan Menaruh Pengharum Mobil di Dekat AC Mobil

Ketika ingin mobil berbau harum, kita pasti sering menaruh pengharum sangat dekat dengan AC mobil mungkin bertujuan agar cepat harum dan menyebar keseluruh bagian dalam mobil. Hal itu kurang tepat karena bahan kimia yang terdapat dalam pengharum bisa masuk ke evaporator dan menjadi tempat bagi kuman, bakteri dan jamur.

9. Servis Secara Teratur AC Mobil

Anda bisa membawa mobil kebengkel yang ada untuk mengecek kondisi AC pada mobil. Lakukan service ac secara berkala berikut rinciannya:

Setiap 6 bulan / 10 rb km gantilah filter kabin.
Setiap 1 tahun servis berkala yang ringan seperti servis blower dan kondensor.
Setiap 2 tahun servis besar meliputi evaporator, blower, kondensor, mengganti dryer dan filter kabin dan lakukan pengisian freon kembali.

10. Memelihara Tekanan Pendingin

Memelihara tekanan pendingin bisa mencegah selang dari AC mobil mengalami pengerasan dan kerusakan. Sangat disarankan untuk menyalakan ac mobil pada suhu paling dingin dan putaran kipas tercepat selama kurang lebih 20 menit. Lakukan ini sebulan sekali.

Itulah beberapa tips merawat AC mobil yang benar. Merawat AC dengan baik dan benar akan membuat AC mobil menjadi lebih awet, bekerja normal dan lancar. Sehingga akan memberikan kenyamanan berkendara di dalam mobil dengan udaranya yang sejuk dan menyegarkan kita.

Cukup sekian artikel ini kami buat, semoga bermanfaat dan dapat memberikan faedah yang berarti untuk para pembaca. Jangan lupa kunjungi dan baca artikel kami. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Salam hangat selalu dari penulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here